Nilai Tukar Rupiah Melemah, IHSG Ditutup Melemah 0,16%

Share:

diposkan-rupiah

Diposkan.com – Mengakhiri perdagangan valas antar bank di Indonesia dan juga di tengah   pasar spot  sesi Eropa kemarin Selasa (30/8), membuat rupiah semakin anjlok  setelah kurs dollar AS bangkit kembali dari pelemahan awal sesi Asia terhadap banyak rival utamanya. Sepanjang hari rupiah bergerak lnegatif seiring tekanan yang dilakukan BI terhadap kurs referensinya.

Merosotnya nilai tukar rupiah hingga akhir perdagangan bursa saham kemarin semakin  membuat investor asing tarik  modalnya cukup besar dari  bursa saham Indonesia dengan  net sell Rp 766 miliar.  Aksi jual saham-saham unggulan investor asing tersebut melemahkan  kekuatan  IHSG yang ditutup melemah 0,16%.

Pergerakan kurs rupiah yang bergerak negatif dengan posisi pelemahan 0,01% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp 13.268/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp 13.249/US$.  Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini   diperkuat.

Baca Juga:   Bank Mandiri Ajak SOGO Department Store Tingkatkan Konsumsi Masyarakat

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia kemarin telah diperkuat  ke  13.260  dari  posisi 13.275 perdagangan hari Senin (29/8), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat ke posisi 13.326  setelah perdagangan sebelumnya 13.341. Nilai pergerakan kurs Rupiah perdagangan hari ini Rabu (31/8)  diperkirakan  dibuka positif jika data ekonomi AS malam ini memangkas  kekuatan  dollar AS hingga akhir perdagangan Rabu pagi.

Nilai Tukar Rupiah Melemah, IHSG Ditutup Melemah 0,16% | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya