Usulan Pembentukan Provinsi Bogor Raya

Share:

tempat-wisata-di-bogor-810x552

Diposkan.com – Indonesia terdiri dari 35 provinsi di seluruh Indonesia, yang membuat Indonesia mempunyai banyak pemerintahan administratif yang bisa mengelola daerahnya sendiri secara mandiri. Namun akhir – akhir ini juga muncul wacana untuk melakukan pemekaran provinsi baru di Indonesia, bukan dari pulau Kalimantan atau pulau lain. Namun kali ini terdapat kabar pemekaran provinsi yaitu dari pulau Jawa.

Seperti yang dikatakan oleh Anggota DPR dari  Fraksi PKS Soenmanjaja mengusulkan adanya pembentika provinsi baru yaitu provinsi Bogor Raya. Karena menurut dirinya, secara demografis kabupaten Bogor sudah bisa dinaikkan statusnya menjadi Provinsi. Karena dengan 5 juta penduduk sudah setara dengan Negara di Eropa

“Dengan 5 juta jiwa penduduk, itu setara dengan penduduk sebuah negara di Eropa,” Ujarnya.

Menurut Soenmanjaja hal tersebut hanya semata – mata untuk pelayanan masyarakat sendiri, karena memang idealnya kabupaten Bogor sudah menjadi Provinsi tersendiri.

Baca Juga:   Polisi Menangkap 2 Orang Terduga Teroris di Sumedang

“Untuk efektivitas pelayanan masyarakat, idealnya Kabupaten Bogor menjadi provinsi tersendiri,” Tambahnya.

Secara historical menurut Soenmanjaja unsur  – unsur membentuk provinsi Bogor sudah terpenuhi karena memang saat itu di Jawa Barat terdiri dari empat karesidenan, dan salah satunya adalah kabupaten Bogor itu sendiri.

“Sehingga, melihat unsur-unsur pembentukan sebuah provinsi dan urgensi pembentukannya tersebut, bisa saja diusulkan studi ke arah pembentukan Provinsi Bogor Raya,” Lanjutnya.

Dengan adanya provinsi baru yaitu Provinsi Bogor Raya, dapat membantu Provinsi ibukota dalam mengelola sekitar daerah Ibukota tersebut.

“Juga rentang kendali pemerintahan yang terlalu luas untuk provinsi Jawa Barat saat ini,” Ucapnya.

 

Usulan Pembentukan Provinsi Bogor Raya | Hendry Setio Prakoso | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya