Rasakan Fantasi Berkomunikasi Dengan HoloLens, Penasaran?

Share:

holoportation

Diposkan.com – Pernahkah  anda melihat film Star wars? Jika sudah, mungkin Anda pernah mendengar pesan 3D hologram yang dikirimkan melalui droid R2-D2 atau BB-8. Mungkin sebagian orang menganggap bahwa teknologi komunikasi tersebut hanya ada di film tersebut, dan tidak bisa diaplikasikan dalam dunia nyata.

Namun, ternyata Microsoft  berhasil mengembangkan teknologi serupa. Dikutip dari lamanTech Radar, Senin (28/3/2016), Microsoft baru saja memperkenalkan teknologi komunikasi baru yang diberi nama ‘Holoportation’.

Walaupun tidak sepenuhnya sama seperti di film Star Wars, namun teknologi ini memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui teknologi 3D hologram. Jadi, 2 orang dari tempat berbeda dapat berkomunikasi secara langsung dan seolah-olah berada di tempat yang sama.

Dengan dibantu perangkat augmented reality HoloLens yang  merupakan proyek yang dibesut oleh Microsoft Research Interactive 3D ini, pengguna akan melihat lawan bicara dalam bentuk 3D hologram dari tampilan di HoloLens.

Baca Juga:   Dukung Acara Gerhana Matahari Total, Telkomsel Gelar 4G LTE

Tidak hanya itu, Agar mendapat pengalaman yang lebih baik Microsoft juga menyiapkan kelengkapan kamera yang memungkinkan pengguna melihat, mendengar, dan berinteraksi dengan hologram orang lain secara real-time.

Tidak hanya menawarkan komunikasi secara langsung, dengan Holoportation pengguna juga dapat  merekam percakapan via hologram tadi untuk disaksikan di lain waktu. Bahkan, pengguna juga dapat mengubah ukuran hologram yang ditampilkan dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Teknologi Holoportation ini masih dalam tahap pengembangan, namun Kepala Proyek HoloLens Alex Kipman sudah menggunakan Holoportation untuk keperluan praktis yaitu untuk berbicara dengan ilmuwan NASA Jeff Norris.

Hololens sudah dijual bebas sejak 20 Maret lalu, namun untuk kebutuhan developer aplikasi.  Beberapa program juga menjadi pelengkap HoloLens seperti  Skype, Holo Studio, dan Holo Tour.

 

 

 

Rasakan Fantasi Berkomunikasi Dengan HoloLens, Penasaran? | Ari Purwanti | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya