Hujan Deras di Bogor, Sebabkan 10 Daerah Alami Longsor

Share:

tanah-longsor-di-bogor

Diposkan.com – Minggu (28/2) dinihari wilayah Kota dan Kabupaten Bogor diguyur hujan deras hingga menyebabkan banjir di sejumlah wilayah. Bahkan akibat hujan deras yang terus menerus tersebut beberapa daerah juga mengalami tanah longsor dan ada pohon besar tumbang menimpa rumah warga.

Dari data yang berhasil dihimpun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, tercatat ada sepuluh lokasi longsor. Di antaranya Kompleks Perum Bogor Country Blok FG Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanahsareal, Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, tepatnya di belakang Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

“Kebanyakan longsor ke tebingan atau ke jalan setapak dan bisa semua teratasi. Sebagai langkah antisipasi, BPBD memasang beberapa terpal di lokasi untuk mengurangi dampak jika terjadi hujan susulan,” ujar Kepala BPBD, Ganjar Gunawan dilansir dari Metropolitan.

Sementara itu beberapa wilayah lain, seperti di Kampung Pilar 5, RT 04/03, Kelurahan Semplak, Kecamatan Bogor Barat dan RT 03/05, RT 04/04, Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat. Terakhir terjadi di Blok Tempe, RT 03/04, Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat juga tak luput dari longsor.

“Dari sepuluh lokasi longsor yang terjadi yang paling parah adalah Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, tepatnya belakang Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang menimpa rumah Anang Suryana yang satu Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah enam jiwa,” terangnya.

Baca Juga:   Ahok Salahkan Dinas Pertamanan Masalah Pohon Tumbang

Ganjar juga menjelaskan bahwa, Meskipun banyak kejadian bencana, menurut Ganjar tidak ada korban luka-luka. Hanya ada beberapa warga yang mengalami luka ringan seperti Nurhasanah (45), Ajeng (19), Sekar (13) dan Intan (15). “Mereka semua sudah mendapat perawatan di RSUD, namun sekarang semuanya sudah ada di rumah saudaranya kembali di Bubulak,” paparnya.

Menurut salah satu korban, Nurhasanah menjelaskan, longsor yang menimpa rumahnya terjadi pada dinihari saat ia bersama anak-anaknya sedang tertidur. Menurut dia, rumah menimpa ruang tamu dan beberapa kamar. “Saya kaget karena kejadian tiba-tiba. Untung tidur di kamar depan, jadi tidak telalu parah,” singkatnya.

Ganjar menambahkan, pihaknya pun telah menurunkan sejumlah anggota untuk bersiaga mengantisipasi kejadian-kejadian susulan. Karena menurutnya intensitas hujan di tahun ini sangat tinggi di bulan Februari. “Anggota kita pun terus bersiaga. Bahkan tim reaksi cepat kita pun tersebar di sejumlah wilayah,” katanya.

Hujan Deras di Bogor, Sebabkan 10 Daerah Alami Longsor | Ari Purwanti | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya