Program Indonesia Terang Bergulir Mulai Tahun Ini

Share:

listrik-pln

Diposkan.com – Pemerintah menargetkan sebanyak 10.300 desa tertinggal, yang sebagian besar berada di Indonesia bagian timur, teraliri listrik mulai 2016 hingga 2019.

Menteri ESDM, Sudirman Said, mengatakan, hingga saat ini masih ada 12.659 desa belum teraliri listrik, yang 2.519 di antaranya masih gelap pada malam hari. Terutama pada desa-desa tertinggal ini sebagian besar di Indonesia bagian timur.

Program yang dinamakan Program Indonesia Terang (PIT) tersebut, rasio elektrifikasi akan meningkat dari 85 persen pada 2015 menjadi 97 persen pada 2019. Dari jumlah 12.659 desa itu sudah mencakup 16 persen dari total desa dengan 2.527.469 KK dan 9.970.286 jiwa dengan total kebutuhan daya untuk PIT itu mencapai 500 MW hingga 1.000 MW.

Sudirman melanjutkan, tahapan program dimulai dengan konsolidasi data dan sinkronisasi perencanaan di tingkat pusat yang ditargetkan tuntas Maret 2016. Kemudian, dilakukan pelatihan perencanaan kelistrikan desa selama periode Maret-Juni 2016.

Setelah itu, perencanaan kelistrikan desa di tingkat provinsi dan kabupaten sepanjang 2016. Terakhir, pada tahap implementasi PIT yang dimulai tahun ini dengan sejumlah lokasi percontohan dan dilanjutkan secara menyeluruh hingga 2019.

Baca Juga:   Pemerintah Ajak Investor Kelolah Migas

PIT akan dimulai di enam provinsi paling timur Indonesia yaitu Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, NTT, dan NTB yang mencakup 65 persen desa tanpa listrik.

Program listrik untuk desa tertinggal ini membutuhkan pendekatan khusus mengingat letak geografis yang sulit dijangkau. Selain itu, populasi penduduk masih sedikit juga membuat pembangunan jaringan listrik oleh PLN menjadi mahal.

Oleh karena itu, Sudirman melanjutkan, strategi pemerintah mewujudkan PIT adalah memaksimalkan pemanfaatan energi setempat terutama energi terbarukan seperti surya, air, angin, biomassa, hingga arus laut dengan teknologi yang terjangkau harganya.

Pusat Keunggulan Energi Bersih yang sedang dikembangkan di Bali akan menyiapkan teknologi tersebut. Pemerintah juga akan merekrut orang muda untuk dilatih di pusat tersebut menjadi tenaga ahli dan selanjutnya melaksanakan PIT berbasis energi terbarukan.

Selain itu, pemerintah juga akan melibatkan swasta bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah, BUMN, BUMD, hingga badan usaha desa.

Program Indonesia Terang Bergulir Mulai Tahun Ini | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya