Pacitan Diguncang Gempa, BPBD Himbau Warga Tetap Waspada

Share:

perbatasan-pacitan

Diposkan.com – Kemarin pagi  pukul 06.36 WIB warga Pacitan, Jawa Timur digemparkan dengan adanya gempa yang mengguncang kota kelahiran SBY tersebut. Gempa tersebut diketahui adalah gempa tektonik dengan kekuatan 5.3 skala richter (SR). Menurut kepala seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pacitan, Ratna Budiono mengatakan bahwa gempa yang terjadi kemarin pagi berpusat di Samudera Hindia dengan lokasi tepatnya 9,02 lintang selatan, 111,544 bujur timur.

“Pusat gempa ada di Samudera Indonesia berkedalaman sekitar 10 kilometer dengan titik koordinat 9,02 lintang selatan, 111,544 bujur timur,” Ujar Ratna saat ditanya melalui Telepon.

Warga pacitan yang merasakan gempa cukup panik karena ditakutkan terjadi tsunami yang seperti yang ada di aceh. Tetapi Ratna mengatakan bahwa gempa yang terjadi kemarin pagi bukan merupakan gempa yang berpotensi tsunami yang seperti diberitakan. Sumber dari gempa tersebut dari pertemuan lempeng Hindia Australia dan Eurasia.

Baca Juga:   Rencana Memasukkan Cyber Terror Ke Dalam daf RUU Terorisme

Tetapi Ratna juga mengingatkann kepada warga yang berada di daerah pesisir agar tetap waspada.

“Kendati tidak ada dampak signifikan, BPBD Pacitan tetap mengimbau seluruh masyarakat, khususnya yang berada di kawasan pesisir selatan untuk waspada,” Ujar Ratna.

Sebenarnya Pacitan mempunyai sejarah dalam urusan diguncang gempang, Pacitan sendiri tercatat 16 kali diguncang gempa dan 8 kali gempa yang bisa dirasakan masyarakat Pacitan.

Pacitan Diguncang Gempa, BPBD Himbau Warga Tetap Waspada | Hendry Setio Prakoso | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya