Menteri Susi Ingin Ekspor Perikanan Berlanjut

Share:

diposkan-menteri-susi

Diposkan.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan bisnis perikanan harus mengedepankan prinsip berkelanjutan agar ekspor perikanan ke berbagai negara tidak mengalami penurunan kembali.

“Bisnis yang menghasilkan produktivitas tinggi tanpa menjaga keberlanjutan hanya akan merugikan negara kita. Seperti yang terjadi sekitar tahun 2000 hingga 2003. Ekspor kita jauh berkurang dan industri perikanan kita mengalami penurunan,” kata Susi Pudjiastuti dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/2) yg dilansir melalui republika.co.id.

Sehingga Susi menilai kesadaran masyarakat Indonesia akan kelestarian laut juga harus ditingkatkan sehingga dibutuhkan komitmen dan kerja sama dari semua pihak. Sehingga dengan adanya tata kelola berkelanjutan dengan beberapa kebijakan KKP yang dinilai cenderung ekstrem ini mampu meningkatkan kesejahteraan nelayan dan meningkatkan pendapatan negara.

Baca Juga:   World Bank Turunkan Proyeksi Angka Pertumbuhan Ekonomi Global Jadi 2,4 %

Susi mengatakan pembangunan sektor kelautan dan perikanan berada di jalan yang benar yang terlihat dari jumlah ekspor yang terus meningkat sedangkan jumlah impor terus menurun setiap tahunnya. Padahal kondisi saat ini ekspor-impor global sedang lesu, sektor perikanan Indonesia tetap tumbuh ekspornya, impornya tetap turun.

Sementara itu, Direktur Jenderal Peningkatan Daya Saing KKP Nilanto Perbowo mengatakan ekspor perikanan nasional mengalami peningkatan sebesar 4,96 persen terutama di Amerika Serikat dan Jepang. Komoditas perikanan yang melejit di pasar ekspor di antaranya cumi, sotong, gurita, dan udang. Dia mengungkapkan, untuk ekspor komoditas cumi, sotong dan gurita mencapai peningkatan 61,64 persen dibandingkan tahun sebelumnya, serta ekspor udang meningkat 5,86 persen.

Menteri Susi Ingin Ekspor Perikanan Berlanjut | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya