OJK Akan Lakukan Pengawasan Teknologi Layanan Finansial

Share:

diposkan-ojk

Diposkan.com – Kemajuan teknologi informasi mendorong adanya perkembangan teknologi layanan finansial alias fintech. Melalui fintech yang semakin berkembang dan meluas membuat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal segera melakukan pengaturan dan pengawasan.

Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Dumoly Freddy Pardede menjelaskan, OJK telah melakukan diskusi dan memperoleh banyak masukan dari berbagai pihak, termasuk asosiasi.

“Cukup intens diskusinya, baik dari sisi pemahaman, teknologi, dan regulasi,” kata Dumoly di kantornya di Jakarta, Kamis (25/8) seperti yang dilansir dari Kompas.com.

OJK yelah melakukan pengelompokkan fintech ke dalam tiga kategori. Pertama adalah fintech yang sebenarnya merupakan pelaku di sektor keuangan, misalnya layanan dari perbankan maupun IKNB yang sudah ada dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Baca Juga:   Kemenkop Ajak Anak Muda Berwirausaha

Fintech jenis kedua adalah yang memberikan fasilitas atau layanan pendukung aktivitas keuangan. Fintech jenis ini diibaratkan layaknya lapak yang menyajikan produk dan layanan keuangan yang sudah ada. Sementara jenis ketiga adalah yang terbaru misalnya pembiayaan biasanya atau gadai. Ada juga seperti bank mini, memberikan pinjaman,” jelas Dumoly.

Merespon perkembangan tersebut, OJK akan meregulasi fintech, khususnya yang merupakan fintech baru dan bukan merupakan anak usaha perusahaan jasa keuangan. Dirinya menyatakan regulasi alias pengaturan yang dilakukan OJK tergolong sederhana, mulai dari perizinan, kelembagaan, kepengurusan, cakupan usaha, permodalan, sistem pengawasan, dan pelaporan.

OJK Akan Lakukan Pengawasan Teknologi Layanan Finansial | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya