Harga Gas 3 KG Dijamin Tak Naik Hingga Akhir Tahun

Share:

gas3kg

Diposkan.com – Kementerian ESDM akhirnya membatalkan rencana kenaikan harga elpiji bersubsidi 3 kilogram. Bahkan kepastian harga tidak naik diberikan hingga akhir tahun ini.

Menurut Menteri ESDM Sudirman Said setelah rapat koordinasi di Kemenko Perekonomian, Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (24/3). Salah satu alasannya adalah harga gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) yang disuplai Saudi Aramco tidak mengalami kenaikan, bahkan cenderung menurun.

Meski harga patokan gas turun, Sudirman menegaskan pemerintah tidak akan menurunkan harga jual gas elpiji 3 kg. Dia beralasan margin keuntungan para pengecer elpiji perlu diperbaiki, sehingga harga tidak akan diturunkan.

Sudirman menilai, jarak antara harga keekonomian dan subsidi terlalu besar sejak program konversi minyak tanah ke gas diluncurkan pada 2007. Harga eceran tertinggi elpiji 3 kg di Jakarta mencapai Rp 18 ribu. Jika dirata-rata, harga per kilogram elpiji Rp 6 ribu. Berbeda dengan elpiji 12 kg yang dijual sesuai harga keekonomian.

Baca Juga:   Delapan Blok CBM Dilepas Pertamina

Ia mencontohkan harga elpiji tabung di Jakarta dijual senilai Rp 129 ribu. Jika dihitung dengan metode yang sama, harga kasar keekonomian elpiji adalah Rp 10.750. Sehingga pemerintah akan memperbaiki margin pengecer dan distributor.

Meskipun akan ada penyesuaian harga BBM per 1 April, dirinya mengatakan harga elpiji subsidi tidak sama dengan bahan bakar minyak (BBM). Karena itu, tidak ada korelasi antara harga elpiji dan harga BBM yang akan diturunkan mulai 1 April.

Sementara itu, menanggapi isu rencana kenaikan harga elpiji melon disebabkan PT Pertamina (Persero) mengaku tidak mendapat keuntungan dari penjualan elpiji melon. Pada 2015, Dirjen Migas ESDM Wiratmaja Puja menilai, ada dua opsi untuk membuat bisnis itu lebih baik. Pertama, menaikkan harga elpiji 3 kg sebesar 1.000 per kg atau menjadi Rp 21 ribu. Sedangkan cara kedua, menambah besaran subsidi yang diberikan kepada Pertamina sebesar Rp 2 triliun.

Harga Gas 3 KG Dijamin Tak Naik Hingga Akhir Tahun | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya