Hasil Survei Antikorupsi, Semakin Tua Maka Semakin Tinggi Tingkat Antikorupsi

Share:
Kepala Badan Pusat Statistik Suryamin

Kepala Badan Pusat Statistik Suryamin

Diposkan.com – Survei Perilaku Anti Korupsi (SPAK) pada 2015 menunjukkan hasil yang mengejutkan.

Survei menunjukkan Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK) pada tahun 2015 penduduk 40 tahun – 59 tahun adalah 3,62 lebih tinggi daripada penduduk dengan umur kurang dari 40 tahun (3,59) dan berumur 60 tahun atau lebih (3,49).

Berdasarkan nilai IPAK, jika nilai mendekati nol (0) maka masyarakat memaklumi tindakan korupsi begitu juga sebaliknya. Jika nilai IPAK yang diperoleh makin mendekati angka lima (5) maka hal tersebut menunjukkan budaya tanpa toleransi (zero tolerance) makin melekat dalam pola perilaku masyarakat.

Baca Juga:   BPS Akan Umumkan Hasil Sensus Ekonomi 2016 Jelang Akhir Tahun

“Ini menunjukkan kesadaran antikorupsi generasi muda masih perlu ditingkatkan,” ujar Kepala BPS Suryamin ketika mengumumkan IPAK di kantornya, Jakarta, Senin (22/2) seperti dilansir oleh Bisnis.com.

Survei juga dilakukan berdasarkan jenis kelamin. Hasil survei menunjukkan laki-laki memiliki sikap antikorupsi yang lebih baik dengan IPAK 3,71 dibandingkan perempuan (IPAK 3,55).

Berdasarkan wilayah, daerah perkotaan dengan nilai IPAK 3,71 memiliki kesadaran antikorupsi lebih tinggi dibandingkan daerah pedesaan yang hanya berindeks 3,46.

Serta, penduduk dengan pendidikan di atas SLTA memiliki sikap antikorupsi (IPAK 4,00) lebih baik dibandingkan mereka yang berpendidikan SLTA (IPAK 3,80) dan SLTP ke bawah (3,49).

 

Hasil Survei Antikorupsi, Semakin Tua Maka Semakin Tinggi Tingkat Antikorupsi | Metanisa | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya