Diet Kantong Plastik, Usaha Peduli Lingkungan Namun Kurang Dukungan

Share:
Ilustrasi pentingnya diet kantong plastik

Ilustrasi pentingnya diet kantong plastik

Diposkan.com – Kantong plastik sering kita jumpai di sekitar kita. Namun, tak sedikit orang yang mengetahui bahaya dibalik keefisienan sebuah kantong plastik.

Kantong plastik sangat berguna sebagai tempat menyimpan barang atau alat yang bisa memudahkan kita dalam membawa barang belanjaan. Selain keuntungan, kantong plastik juga menyimpan potensi dalam membahayakan lingkungan sekitar.

Bahaya dari kantong plastik antara lain memicu perubahan iklim akibat emisi karbon yang dihasilkan sangat tinggi, mencemari lingkungan karena kantong plastik sering kali dibuang sembarangan, berpotensi membahayakan kesehatan manusia jika dipergunakan sebagai wadah makanan, serta bahan plastik memerlukan waktu yang sangat lama untuk terurai.

Baca Juga:   Kini Menulis di Twitter Sudah Tidak Dibatasi 140 Karakter Lagi

Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk menangani permasalahan sampah terutama dari sampah kantong plastik. Sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor S. 1230/PSLB3-PS/2016 tentang Harga dan Mekanisme Penerapan Kantong Plastik Berbayar sudah sejak 21 Februari lalu beberapa supermarket di Jakarta dan sekitarnya telah menerapkan kantong plastik berbayar Rp 200.

Dengan adanya Kantong plastik berbayar, pemerintah mengharapkan adanya pengurangan dalam hal pemakaian kantong plastik. Namun, tak sedikit masyarakat yang menolak pemberlakuan kantong plastik berbayar.

Dikutip dari Bintang.com, melalui media sosial Twitter masyarakat mengungkapkan pendapat mereka dengan hashtag atau tanda pagar #KantongPlastikBerbayar . Banyak yang mendukung aksi tersebut namun banyak pula yang menolak.

 

Diet Kantong Plastik, Usaha Peduli Lingkungan Namun Kurang Dukungan | Metanisa | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya