Peresmian Pengoperasian Jalur Penyeberangan, KMP Kalibodri Siap Arungi Kendal – Kumai

Share:
Peresmian Air Traffic Control System (ATS) Top Sky di Kantor Makassar Air Traffic Service Center (MATSC) Makassar

Peresmian Air Traffic Control System (ATS) Top Sky di Kantor Makassar Air Traffic Service Center (MATSC) Makassar.

Diposkan.com – Lintas Penyeberangan Pelabuhan Kendal, Jawa Tengah – Pelabuhan Kumai Kalimantan Tengah telah diresmikan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Minggu (21/2).

Rute penyeberangan ini dilakukan seminggu sekali dengan menggunakan KMP Kalibodri. Daya angkut KMP Kalibodri adalah 42 unit kendaraan dan 400 penumpang. Kapal dengan bobot 1.500 GT tersebut dipergunakan untuk meningkatkan layanan transportasi antar pulau Jawa dan Kalimantan.

Baca Juga:   Luhut Binsar: Tidak Ada Kata Negoisasi Terhadap Terorisme

Dana dari pembangunan pelabuhan ini diperoleh sebagian besar berasal dari APBN.  Subsidi Rp4,8 miliar selama enam bulan disalurkan oleh Kementerian Perhubungan.

“Dengan subsidi tersebut, KMP Kalibodri akan melayani lintas Penyeberangan Kendal – Kumai sebanyak 1x PP per minggu,” kata Jonan seperti dilansir oleh Suara Pembaharuan.

Namun, dalam hal pembiayaan pengoperasian hingga pembangunan jalan akses di kedua pelabuhan merupakan dana yang didapat dari hasil gabungan dana yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Kendal dan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat.

Peresmian Pengoperasian Jalur Penyeberangan, KMP Kalibodri Siap Arungi Kendal – Kumai | Metanisa | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya