KESDM Akui Smelter Freeport Rampung 2017, Masih Harapan Kosong

Share:

smelter- freeport

Diposkan.com – Kementerian ESDM akhirnya menyadari bahwa PT Freeport Indonesia (Freeport) tak pernah serius membangun smelter. Hal ini dikatakan Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) M Hidayat.

Hidayat mengatakan, Freeport saat ini hanya memberikan harapan kosong saja. Hal ini dapt dilihat berdasarkan evaluasi pada Januari 2016, progres pembangunan smelter di Gresik, Jawa Timur baru mencapai 14%. Hingga Hidayat tak yakin jika pembangunan unit pengolahan dan pemurnian (smelter) Freeport yang merupakan implementasi UU Minerba dapat diselesaikan pada 2017.

“(Target) Enggak realistis. 2017 mana mungkin terbangun meski dikebut bagaimanapun. Progresnya baru berapa persen. Masih jauh ini dari kapasitas smelter 2 juta ton,” kata Hidayat di Jakarta, Rabu (17/2) seperti yang dilansir pada inilah.com.

Hidayat juga menjelaskan target yang ditetapkan Freeport belum berjalan maksimal lantaran ada ketentuan mengenai batas waktu ekspor konsentrat di 2017. Dirinya meminta Freeport untuk merevisi rencana kerja proyek tersebut. Pasalnya ketentuan mengenai batas waktu ekspor di 2017 sedang dikaji kembali. Karena saat ini sedang dilakukan pembahasan dalam rancangan UU Minerba yang berisi nilai tambah seperti apa. Smelter dibangun seperti apa

KESDM Akui Smelter Freeport Rampung 2017, Masih Harapan Kosong | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya