Pengusaha Ingin Tak Perlu Perpanjangan Izin

Share:

diposkan-ukm (1)

Diposkan.com – Rencana pemerintah menghapus perpanjangan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) disambut gembira pengusaha. Namun, pengusaha berharap, pemerintah juga menghapus aturan perpanjangan izin lainnya.

Seperti Izin Usaha Pusat Perbelanjaan (IUPP) yang diperpanjang setiap 5 tahun. Menurut Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Stefanus Ridwan, seharusnya tak perlu ada perpanjangan karena kalau mal sudah berjalan dan namanya tidak berubah. Namun berbeda jika yang diperpanjang itu izin layak fungsi gedung, karena soal keselamatan harus diperbaharui.

“Surat layak fungsi yang 5 tahun sekali perlu, gedungnya masih bisa digunakan, layak tidak, peralatan pemadamnya masih oke tidak, keamanannya juga, bangunanya masih tetap layak digunakan tidak jangan sudah bocor, bobrok, mau rubuh,” tutur Stefanus Ridwan Jum’at (17/2) yang dilansir melalui detik.com.

Selain itu, menurut Stefanus, yang tidak perlu diperpanjang adalah Izin Domisili Perusahaan. Alasannya, lokasi tempat usaha tidak berubah maka tidak perlu lagi perpanjangan, kecuali jika usaha tersebut pindah lokasi atau bisnisnya berubah.

Baca Juga:   BI Kembali Turunkan Nilai Suku Bunga

“Izin domisili ada di kelurahan, kecamatan, sebenarnya dihilangkan saja, yang pertama perlu, kalau misal sudah sekali tidak perlu lagi, kecuali dia pindah atau bisnisnya berubah,” kata Stefanus.

Begitu juga dengan izin penangkal petir. Stefanus menambahkan, perpanjangan izin hanya merepotkan pengusaha karena harus mengurus lagi surat-surat.

Pengusaha Ingin Tak Perlu Perpanjangan Izin | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya