Sri Khawatirkan Faktor Eksternal

Share:

diposkan-sri-mulyani

Diposkan.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani menilai, surplus neraca perdagangan yang tercatat pada Januari 2017 akan tetap terjaga di sepanjang tahun ini. Namun dia mengatakan untuk waspada terhadap faktor eksternal, terutama perkembangan harga komoditas yang bisa saja bergerak fluktuatif.

Sri mengatakan, perbaikan neraca dagang sudah terlihat pada kuartal keempat tahun lalu. Hal ini didorong dengan naiknya harga sejumlah komoditas yang sejak 2011 sempat menurun. Perbaikan neraca dagang kemudian terus terjadi hingga awal tahun ini dan ia proyeksikan akan tetap terjaga.

“Tinggal tentu saja kita harus melihat apakah momentum pertumbuhan ekonomi dunia akan terus terjaga. Dan ketidakpastian masih ada, namun ada optimisme yang sekarang ini muncul,” ujar Sri saat ditemui usai memberikan kuliah umum di Universitas Diponegoro, Semarang, Kamis (16/2) yang dilansir melalui republika.co.id.

Sri memproyeksi pertumbuhan kinerja ekspor Indonesia bisa tembus 0,2 persen di tahun 2017 ini. Ia menekankan bahwa dari sisi internal, pemerintah tetap mendorong kinerja ekspor dan memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk melakukan impor bahan baku yang bertujuan re-ekspor.

Baca Juga:   OJK Akan Persingkat Aksi Koorporasi Terkait Tax Amnesty

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan eskpor-impor pada Januari 2017 ini surplus 1,4 miliar dolar AS. Hal ini karena adanya penurunan nilai ekspor Indonesia pada Januari 2017 sebesar 3,21 persen dibandingkan ekspor Desember 2016.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan surplus ini juga didukung dengan surplus di sektor nonmigas sebesar 1,93 miliar dolar AS. Namun neraca perdagangan pada sektor migas defisit sebesar 0,54 miliar dolar AS karena masih bergantungnya Indonesia pada impor bahan bakar minyak.

“Namun harus dicatat, bahwa surplus bulan Januari 2017 ini merupakan surplus terbesar sejak 2014. Iramanya sangat bagus, dan pemerintah diharapkan bisa terus menjaga momentum ini,” ujar Suhariyanto.

Sri Khawatirkan Faktor Eksternal | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya