Menko Perekonomian Tak Gentar Hadapi Ancaman Freeport

Share:

diposkan-darmin-nasution

Diposkan.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menegaskan pemerintah tak boleh gentar dengan tekanan PT Freeport Indonesia. Dirinya berharap pemerintah dapat memikirkan jalan tengah untuk kebijakan ini.

Menurut Darmin, Freeport hanya ingin kepastian usaha jangka panjang di Indonesia terutama dalam hal pajak. Freeport tetap menginginkan tarif pajak dan royalti tetap atau nail down. Karena menganggap pajak dan royalti dalam IUPK yang menggunakan skema prevailing bisa berubah sesuai undang-undang yang berlaku.

“Dia lebih memilih pasti, daripada sekarang murah, tapi setelah ganti pemerintahan siapa yang tau,”kata Darmin pada awak media usai ikut menyumbangkan hak pilihnya di Pancoran, Rabu (15/2) yang dilansir melalui Kontan.

Freeport Indonesia saat ini menghentikan aktifitas tambangnya, dan berencana melakukan pengurangan karyawannya, Darmin menilai, hal itu sebagai ancaman yang tak perlu dikhawatirkan. Ia menambahkan jika arah pajak Indonesia turun, lebih baik menggunakan prevailing.

Tapi bila melihat arah permintaan Freeport hanya kepastian pajak, Darmin mengatakan sebenarnya itu juga jadi dilema untuk pemerintah.

Baca Juga:   CITA: Target Tax Amnesty Terlalu Tinggi

“Bicara soal pajak yang Freeport minta ya memang susah. Kalau diikuti nanti masyarakat bilang kalah,”pungkas Darmin.

Menko Perekonomian Tak Gentar Hadapi Ancaman Freeport | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya