Registrasi SIM Card Kini Harus Dilakukan Di Outlet Terdaftar

Share:

Registrasi SIM Card Kini Harus Dilakukan Di Outlet Terdaftar

Diposkan.Com – Peraturan soal registrasi kartu SIM Card seluler prabayar yang sudah sejak lama direncakan saat ini mulai dilaksanakan. Terhitung hari ini (15/12/2015), pelanggan baru tidak dapat melakukan registrasi sendiri melalui ponsel mereka. Akan tetapi tapi wajib melalui outlet yang terdaftar.

Sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 23/M.Kominfo/10/2005, semua masyarakat yang membeli kartu perdana prabayar harus menyerahkan kartu identitas dan akan didaftarkan oleh penjual kartu perdana. Sehingga masyarakat tidak lagi dapat mendaftarkan dirinya sendiri.

Tahapan Registrasi

Apabila sebelumnya pengguna dapat melakukan registrasi sendiri dengan melalui SMS ke 4444 atau melalui gerai resmi, maka mulai 15 Desember 2015, registrasi 4444 hanya bisa digunakan oleh penjual yang sudah terdaftar atau identitas yang telah tercatat di para operatornya. Sehingga penjual yang belum terdaftar tidak dapat melakukan registrasi prabayar.

Baca Juga:   Kini Aplikasi WhatsApp Gratis Untuk Selamanya

Dan selanjutnya penjual yang terdaftar tersebut meminta calon pengguna kartu prabayar menunjukan kartu identitas, seperti dari KTP, SIM, Paspor ataupun kartu pelajar. Kemudian data-data yang ada di dalam kartu identitas tersebut, mulai dari nama, NIK hingga alamat, dikirimkan ke operator.

Bilamana data yang dimasukkan tidak benar, pemerintah dalam hal ini Kominfo akan memberikan sanksi kepada pihak operator. Adapun sanksinya berupa peringatan tertulis dan peninjauan kembali syarat serta ketentuan pendistribusian/penjualan kartu perdana prabayar.

Registrasi SIM Card Kini Harus Dilakukan Di Outlet Terdaftar | Diposkan.Com | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya