Beberapa Kesalahan Ketika Menggunakan Kondom

Share:

Beberapa Kesalahan Ketika Menggunakan Kondom

Diposkan.Com – Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang efektif mencegah kehamilan dan penularan penyakit. Kesalahan pengguna kondm tidak hanya dijumpai ketika dalam pemakaian, melainkan sejak pemilihan. Selain itu, apabila digunakan dengan benar kondom akan efektif 98 persen untuk mencegah kehamilan dan penularan penyakit. Seperti dikutip dari Health.com, berikut beberapa kesalahan yang sering terjadi saat mengggunakan kondom:

1. Membeli ukuran yang salah
Selalu ada beberapa pria yang membeli kondom berukuran ekstra besar padahal tidak sesuai dengan ukurannya. Dan apabila Anda menggunakan kondom terlalu besar, akibatnya kondom akan terlepas saat berhubungan intim dengan pasangan. Sebaliknya, jika menggunakan kondom terlalu kecil maka kondom akan pecah.

2. Menunggu terlalu lama
Apabila Anda belum berniat untuk melakukan penetrasi, lebih baik jangan langsung memakai kondom. Hal ini memicu penumpukan sperma yang pada akhirnya membuat kondom lebih rentan rusak. Dengan kata lain, jika sudah siap untuk melakukan penetrasi barulah mengambil kondom.

3. Tidak mengecek tanggal kadaluarsa
Saat hendak menggunakan kondom, pastikan dahulu untuk memeriksa tanggal kadaluarsanya. Meskipun umur kondom mencapai 5 tahun, Anda harus tetap mengeceknya demi keselamatan Anda dan pasangan.

4. Tidak memeriksa kerusakan kondom
Kerusakan pada kondom biasanya dapat berupa lubang kecil atau sobek. Apabila dibiarkan, kondom tidak berfungsi dengan baik dan Anda akan tetap memiliki risiko saat berhubungan intim. Maka, saat membuka pembungkus kondom harus dengan hati-hati dan tidak merobeknya dengan kuku.

Baca Juga:   Sering Lakukan Seks Oral Dapat Tingkatkan Resiko Kanker

5. Menyimpan kondom tidak benar
Beberapa pria menyimpan kondomnya di dompet agar mudah mengambil saat hendak berhubungan intim. Padahal sebuah kondom harus berada di tempat yang sejuk dan kering. Jika menyimpan kondom di tempat yang salah dapat menyebabkan kondom menjadi kering dan kurang efektif. Akibatnya, kondom menjadi tidak nyaman dan sulit untuk dipakai.

6. Pemasangan yang salah
Jika Anda tidak memasang kondom di seluruh penis, Anda masih memiliki risiko tertular penyakit kelamin. Disarankan untuk memasang kondom hingga batang penis tertutup semua. Jangan lupa untuk meninggalkan sedikit bagian kosong saat memasangnya di penis agar memiliki ruang untuk sprema ketika ejakulasi.

7. Menggunakan kondom rasa buah-buahan
Hampir semua kondom rasa mengandung gula yang dapat menyebabkan infeksi ragi. Akibatnya, vagina yang memiliki sistem bakteri yang mampu menangkis kuman masuk akan rusak karena melakukan kontak langsung dengan bahan kimia asing.

8. Melepas kondom terlalu cepat
Sebuah kondom seharusnya digunakaan hingga selesai berhubungan intim. Namun, beberapa orang melepas kondom sebelum selesai berhubungan seks.  Hal ini sama saja dengan Anda berhubungan intim tanpa menggunakan kondom. Sehingga Anda masih memiliki risiko terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan dan terkena penyakit menular.

Beberapa Kesalahan Ketika Menggunakan Kondom | Diposkan.Com | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya