Gerhana Matari Total Akan Terjadi Bulan Maret

Share:

026610300_1426927227-gerhana_3

Diposkan.com – Apakah anda pernah melihat gerhana matahari total selama hidup anda ? Jika jawabannya belum anda patut berbahagia. Karena tepat tahun ini akan terjadi gerhana matahari total. Pada tanggal 9 Maret 2016 akan ada fenomena yang mungkin tidak semua orang bisa melihatnya. Menurut BMKG atau Badan Meteorologi Dan Geofisika peristiwa itu akan melewati 11 provinsi di Indonesia.

Menurut BMKG sendiri, 11 provinsi yang akan terkena dampak dari gerhana matahari total kebanyakan dari wilayah Indonesia timur. Seperti Sumatera Selatan, Bengkulu,  Bangka Belitung,Jambi,Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan,Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Maluku Utara.

Tetapi BMKG juga menjelaskan berbagai dampak yang akan terjadi dengan adanya gerhana matahari ini. Melalui kepala Badan Meteorologi Dan Geofisika, Dr. Andi Eka Sakya, gerhana matahari total akan menyebabkan sebagian belahan bumi akan tertutup bayangan gelap bulan.

Baca Juga:   Daftar Lokasi Pengamatan Gerhana Matahari Total 9 Maret

Selain itu Andi juga menghimbau kepada semua masyarakat jika melihat gerhana bulan nantinya jangan menggunakan mata telanjang dengan durasi yang cukup lama. Karena efek dari gerhana matahari total akan mempengaruhi kesehatan mata anda.

“Jangan melihat langsung saat proses terjadinya gerhana matahari total terlalu lama. Ini sangat berbahaya. Paparan cahaya matahari dengan intensitas tinggi akan menembus mata dan merusak lapisan retina mata yang berisi syaraf sensitif. Retina mata ini tidak memiliki sensor sakit sehingga saat menatap langsung kita cenderung mengabaikan dan tidak menyadari bahwa mata kita sedang berada dalam keadaan bahaya,” Ujar Kepala BMKG.

Gerhana Matari Total Akan Terjadi Bulan Maret | Hendry Setio Prakoso | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya