Calon DK-OJK Siap Masuk Seleksi Tahap IV

Share:

diposkan-ojk2

Diposkan.com – Perebutan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK-OJK) periode 2017-2022 kian memanas dan sudah mengerucut. Nama-nama beken dan berpengalaman tumbang, dilibas oleh wajah baru. Posisi DK-OJK memang menjadi incaran banyak orang, mulai dari pejabat Bursa Efek Indonesia (BEI), Bank Indonesia (BI), ekonom hingga anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Saat ini, Panitia Seleksi (Pansel) DK- OJK periode 2017-2022 mulai melakukan seleksi tahap IV yaitu tahap wawancara pada 30 calon yang lolos tahap III. Pada tahap ketiga ini meliputi asesmen center dan pemeriksaan kesehatan.

“Penetapan peserta yang lulus seleksi tahap ketiga mempertimbangkan hasil pemeriksaan kesehatan dari tim dokter RSPAD Gatot Subroto dan tim asesment center Daya Dimensi Indonesia (DDI),” ujar Anggota Panitia Seleksi DK-OJK Darmin Nasution di Kementerian Keuangan, Senin (6/3) yang dilansir melalui okezone.com.

Tahap wawancara dilakukan selama tiga hari sejak hari Kamis 9 Maret hingga Sabtu 11 Maret 2017 yang berlangsung di Gedung Kementerian Keuangan. Di mana, rata-rata peserta menghabiskan waktu 45 menit sampai 1 jam. Pada Kamis dan Jumat sebanyak 11 peserta dijadwalkan mengikuti tahapan wawancara terpisah dalam empat sesi. Sedangkan pada Sabtu (11/3/2017), sebanyak delapan peserta dijadwalkan mengikuti wawancara terpisah dalam tiga sesi.

Jumlah peserta yang mengikuti tahap empat atau wawancara mencapai 30 orang, yang seluruhnya dinyatakan lulus seleksi tahap tiga atau assessment center dan pemeriksaan kesehatan. Nama-nama yang lulus yaitu Adi Budiarso, Agusman, Agus Santoso, Ahmad Hidayat, Arif Baharudin, Darminto, Dwityapoetra Soeyasa Besar, Dyah Nastiti K. Makhijani, dan Edy Setiadi.

Selanjutnya, Etty Retno Wulandari, Firmanzah, Freddy Saragih, Haryono Umar, Heru Kristiyana, Hoesen, Lucky Fathul Aziz Hadibrata, Maliki Heru Santosa, Mas Achmad Daniri, Mohamad Fauzi Maulana Ichsan, dan Mulya Effendi.

Baca Juga:   Microsoft Ambil Alih Keyboard Swift Key

Kemudian, Nurhaida, Rahmat Waluyanto, Riswinandi, Samsul Hidayat, Sigit Pramono, Tirta Segara, Widyo Gunadi, Wimboh Santoso, Yohanes Santoso Wibowo, dan Zulkifli Zaini.

Panitia Seleksi akan menetapkan 21 nama peserta yang lulus tahap wawancara pada Senin 13 Maret. Yang artinya akan ada 9 calon yang gugur dalam tahap wawancara ini. Dari 21 peserta tersebut, Presiden akan memilih 14 nama untuk mengikuti proses uji kepatutan dan kelayakan di DPR.

Ada tiga calon DK OJK sudah selesai diwawancarai oleh Sri Mulyani Cs. Mereka adalah Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Tirta Segara, Pengamat Ekonomi Firmanzah, dan Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia Samsul Hidayat.

Firmanzah yang selesai pertama kali tahap wawancara ini mengatakan, walaupun masuknya sekaligus tiga orang tapi saat di dalam ruangan hanya satu orang yang masuk dan dua lainnya menunggu diluar. Mengenai berapa pertanyaan yang diajukam ia pun enggan menyebutkan.

“Sama seperti yang disampaikan pansel, (pertanyaan) terkait dengan makalah. Terkait dengan pengalaman di industri keuangan, bagaimana memandang OJK, tantangan ekonomi ke depan, bagaimana optimalkan peran OJK, dan pertanyaan individu soal integritas, leadership, dan sebagainya,” ungkap Firmanzah di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Kamis (9/3).

Sedangkan Samsul hanya berharap apa yang ia sampaikan saat menjawab pertanyaan dapat dimengerti oleh pansel. Dalam kesempatan yang sama Tirta juga tidak mau meberitahukan lebih jelas dan detail apa saja yang menjadi fokus pertanyaan dari tim pansel.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution selaku anggota pansel DK OJK mengatakan, belum bisa membocorkan hasil wawancara gelombang pertama tahap IV ini. “Ya itu belum bisa dibilang, kamu lihat kan saya baru datang. Selesainya nanti Sabtu,” ungkapnya.

Calon DK-OJK Siap Masuk Seleksi Tahap IV | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya