Pemerintah Siap Tambah Penyalur KUR

Share:
Kredit-Usaha-Rakyat

Diposkan.com – Pemerintah berencana akan menambah jumlah total bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi 19 bank dengan alokasi anggaran Rp103,2 triliun, selain itu juga akan ditambah dengan empat perusahaan pembiayaan non bank dengan alokasi sebesar Rp1,5 triliun.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D. Hadad, mengatakan 19 bank tersebut didominasi oleh bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Bank Pembangunan Daerah (BPD), sampai dengan bank-bank milik swasta.

“Bank yang ikut tidak boleh sembarangan. Harus ada persyaratan dan kriteria. Kredit macet (NPL) harus baik, juga ada pengalaman di bidang pengelolaan mikro dan kecil,” ujar Muliaman dalam konferensi pers di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta (11/2) seperti yang dilansir oleh viva.co.id.

Hingga saat ini BPD yang tercatat akan menyalurkan KUR pada tahun ini adalah BPD Jawa Tengah, BPD Kalimantan Barat, BPD Nusa Tenggara Timur, BPD Bali, BPD DI Yogyakarta, BPD Sulawesi Selatan dan Barat, dan BPD Sumatera Utara.

Baca Juga:   Menteri Susi Ingatkan Nelayan Tak Tangkap Benur

Sedangkan untuk bank BUMN, Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang mendapatkan alokasi terbesar dengan nilai mencapai  Rp67,5 triliun, Bank Negara Indonesia (BNI) dengan alokasi Rp11,5 triliun, dan Bank Mandiri dengan alokasi sebesar Rp14 triliun.

Dari data diatas dirinya memaparkan hampir 70 persen alokasi anggaran KUR yang ada. Selebihnya adalah bank swasta yang tidak besar namun pemerintah memberikan perhatian khusus ke bank daerah. Sementara itu, untuk perusahaan penjamin non bank, adalah Perum Jamkrindo, PT Askrindo, PT Jamkrida Riau, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jawa Tengah, dan PT Jamkrindo Syariah.

Berdasarkan data dari Biro Persidangan, Hukum, dan Hubungan Masyarakat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang dilansir oleh viva.co.id, bank swasta yang ikut menjadi peserta penyalur KUR  adalah Bank Central Asia (BCA), Artha Graha, BTPN, dan Bank Bukopin.

Pemerintah Siap Tambah Penyalur KUR | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya