Giliran Masyarakat Tuntut Saham Freeport

Share:
Salah satu lokasi tambang PT. Freeport di Papua

Salah satu lokasi tambang PT. Freeport di Papua

Diposkan.com – Masyarakat dari beberapa kabupaten di Papua yang wilayahnya masuk dalam konsesi pertambangan PT. Freeport Indonesia menuntut agar saham perusahaan tambang emas yang berbasis di Amerika Serikat tersebut juga dimiliki oleh pemerintah daerah atas nama masyarakat pulau Cendrawasih itu.

Hal ini disampaikan oleh para bupati sejumlah kabupaten di Papua dalam Rapat Dengar Pemdapat di Ruang Rapat Komisi VII DPR, kemarin (9/2). Menurut Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang wilayah kabupatennya masuk sebagai salah satu konsesi Freeport Indonesia, mengatakan syarat kepemilikan saham tersebut merupakan tuntutan warga Papua.  Ia juga menuturkan agar Kementerian ESDM dan pihak Freeport untuk merealisasikan keinginan masyarakat tersebut.

Sedangkan Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni yang juga hadir dalam rapat tersebut juga menginginkan hal yang sama meminta Freeport memastikan kepemilikan saham untuk pemerintah daerah sebelum memutuskan untuk memperpanjang kontrak karya dengan alasan untuk membangun daerah, terutama akses infrastruktur.

Baca Juga:   Polisi Terus Selidiki Pelaku Penggelapan Dana Nasabah BTN

“Kami masyarakat pegunungan dan masyarakat Papua umumnya menginginkan pembagian saham harus dilakukan sebelum kontrak karya. Ini bukan untuk pejabat, tidak sama sekali, ini untuk pembangunan infrastruktur Papua,” ujar Intan Jaya Natali Tabuni seoerti yang dilansir oleh beritasatu.com.

Begitupun dengan Bupati Kabupaten Puncak, Willem Wandik yang menghendaki hal serupa terkait kepemilikan saham. Ketika ditanya saham tersebut akan dikuasai siapa jika nantinya usulan tersebut disetujui, Willem menyatakan saham tersebut akan dikuasai Pemda untuk pembangunan.

Menanggapi hal itu, Vice President Legal PT Freeport Indonesia Clementino Ramury yang hadir dalam rapat dengar pendapat tersebut mengatakan pihaknya senantiasa terbuka dan mengharapkan kerja sama sehingga operasi tambang di sana bisa bermanfaat bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.

Giliran Masyarakat Tuntut Saham Freeport | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya