DPR Harapkan KUR Masuk ke Setiap Sektor Usaha

Share:

diposkan-kur2

Diposkan.com – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta pemerintah agar lebih berani membidik target penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR diharapkan dapat menyentuh secara rinci untuk setiap sektor usaha agar penyaluran KUR tak terpusat pada sektor-sektor tertentu saja.

Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Golongan Karya (Golkar) Sarmuji mengatakan, selama ini pemerintah hanya membidik target nominal penyaluran KUR secara umum. Namun, hasilnya pemerintah dinilai belum mampu menyalurkan KUR dengan optimal.

“Misalnya KUR untuk sektor pertanian berapa, sektor perdagangan berapa. Kalau ada targetnya, penyaluran lebih optimal,” ujar Sarmuji saat rapat kerja di Komisi XI DPR, Kamis (9/2) yang dilansir melalui cnnindonesia.com.

Target penyaluran KUR berdasarkan sektor usaha, evaluasi terhadap realisasi penyaluran KUR akan lebih mudah terukur sehingga bila ada sektor tertentu yang minim mendapat kesempatan untuk mencicipi KUR, pemerintah langsung bisa mengatasi kendala-kendala yang menerpa tersebut.

Baca Juga:   Kalla Ingatkan Sulbar Terus Tingkatkan Produktivitas

Seperti misalnya pengusaha di sektor perikanan yang dinilai minim jaminan sehingga kesulitan mengajukan KUR. Buktinya, sektor usaha ini hanya kedapatan jatah KUR sekitar 1,3 persen atau sebesar Rp1,22 dari total realisasi penyaluran KUR di tahun lalu sebesar Rp94,4 triliun.

Sementara pada sektor pertanian, perburuhan, dan kehutanan yang hanya menikmati 2,6 persen atau Rp2,45 triliun dari total realisasi penyaluran KUR. Sementara di sektor perdagangan menyedot sebanyak 62,8 persen atau Rp59,28 triliun dari total realisasi penyaluran KUR.

“Kalau tidak dibuat target per sektor usaha, nanti bank hanya mau memberikan KUR untuk sektor perdagangan saja,” imbuh Sarmuji.

Padahal, menurutnya, tiap-tiap sektor usaha perlu diberi kesempatan untuk mengambil kontribusi dalam menggerakkan roda perekonomian dan memberi sumbangan pada laju pertumbuhan yang ditargetkan mampu mencapai 5,1 persen di tahun ini.

DPR Harapkan KUR Masuk ke Setiap Sektor Usaha | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya