Ilmuwan Temukan Material Layar Smartphone yang Bisa Kembali ke Semula Saat Tergores

Share:

layar tergores - diposkan

Diposkan.com – Pengguna smartphone biasanya sangat melindungi ponsel mereka agar sebisa mungkin tidak mengalami goresan. Namun terkadang ada saja hal – hal yang tak terduga terjadi sehingga menyebabkan layar ponsel tergores.

Melihat hal tersebut, sejumlah ilmuwan University of California, Riverside, AS melakukan penelitian terhadap sejumlah material apakah bahan tersebut dapat memperbaiki sendiri saat tergores. Dan alhasil salah satu material dari bahan polimer mampu memperbaiki diri kurang dari 24 jam.

Seperti dikutip dari liputan6.com (06/04/2017) Menurut ahli kimia Chao Wang, saat percobaan dilakukan, material bisa memperbaiki diri sendiri kurang dari 24 jam. Material apa? Wang mengatakan, material ini terbuat dari bahan polimer serta ionic salt yang mampu membuatnya mampu meregang 50 kali dari ukuran aslinya.

Baca Juga:   Ini Dia Ponsel Anti Meledak, Elephone S7

Tidak hanya itu, material tersebut juga memiliki bahan istimewa bernama ion-dipole interaction yang merupakan paduan antara ion bermuatan dan molekul polar. Dengan adanya struktur sedemikian rupa maka ketika material layar mengalami goresan , ion dan molekul saling tarik menarik satu sama lain sehingga bisa kembali ke bentuk semula.

Sebelumnya, LG juga telah menerapkan material serupa pada bagian belakang ponsel mereka sehingga dapat memperbaiki diri saat tergores. Namun, material pada ponsel LG tersebut belum bisa digunakan sebagai layar karena tidak dapat menghantarkan listrik.

Sebagai informasi, pada umumnya, layar pada smartphone tertanam grid elektroda pada bagian bawah. Sehingga, saat layar ponsel disentuh, ponsel akan melakukan apapun sesuai keinginan pengguna.

Ilmuwan Temukan Material Layar Smartphone yang Bisa Kembali ke Semula Saat Tergores | Ari Purwanti | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya