Toko Tani Indonesia Pangkas Rantai Distribusi

Share:

diposkan-tokotani

Diposkan.com – Kementerian Pertanian (Kementan) menyediakan berbagai komoditas pangan murah di Toko Tani Indonesia (TTI). Harga bahan pangan di Toko Tani murah karena rantai distribusi dari petani dipangkas dari 8 menjadi 3 tahap.

“Kita memotong rantai pasok, dari 8 jadi 3 rantai,” terang Amran di TTI Center Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (6/2) yang dilansir dari detik.com.

Rantai pasok itu dari petani, Badan Usaha Logistik (Bulog), kemudian langsung ke pedagang pengecer. Pihak petani dapat langsung menjual kepada Bulog. Sementara Bulog akan langsung menjual kepada konsumen. Sehingga rantai pasokan tidak perlu lagi melalui banyak pengepul yang ada di lapangan. Sebab, kata Spudnik, selama ini biasanya para petani masih memiliki ketergantungan terhadap para pengepul lapangan.

Baca Juga:   Rio Dewanto Akan Kawal Petani

“Di lapangan itu kan pasti ada namanya penebas, tengkulak. Jadi misalnya ada petani tanamannya belum panen tapi sudah bayar, biasanya mereka sudah dibangun (mindset) seperti itu, petani itu sudah ketergantungan,” kata Spundik.

Toko Tani Indonesia Pangkas Rantai Distribusi | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya