DPR Minta Penjelasan Pencopotan Dirut Pertamina

Share:

diposkan-fadli

Diposkan.com – Pencopotan Direktur Utama dan Wakil Direktur Utama PT Pertamina dinilai penuh intrik. Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mendesak agar pemerintah menjelaskan secara transparan mengenai masalah ini. Menurutnya ada unsur politik dan bisnis dalam pencopotan petinggi Pertamina ini.

“Tarik menarik ini tidak terlepas dari kepentingan politik dan bisnis. Walaupun kita tahu siapa yang bermain di situ,” kata Fadli dalam acara diskusi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, (6/2) yang dilansir dari viva.co.id.

Namun Fadli Zon tak menyebutkan pihak yang terlibat dalam pencopotan dua direksi Pertamina itu. Dalam kesempatan yang sama, mantan Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi, Faisal Basri berpendapat, penambahan posisi Wakil Dirut Pertamina merupakan salah satu masalah utama dalam polemik tersebut.

Menurut Faisal adanya penambahan posisi ini merupakan usulan dari Kementerian BUMN di bawah koordinasi Menteri Rini. Kementerian BUMN mengaku jika usulan penambahan direksi ini atas masukan dari Dewan Komisaris Pertamina.

Baca Juga:   Pertamina Siapkan Cadangan BBM Jelang Idul Adha 1437 H

Faisal mengaku mendapat informasi dari Dwi Sutjipto bahwa keputusan penambahan posisi wakil dirut ini tidak muncul dari Dewan Komisaris Pertamina yang dipimpin oleh Tanri Abeng. Namun, saat itu Tanri menyatakan bahwa konsep struktur organisasi yang baru sudah disiapkan oleh Kementerian BUMN, dan tinggal ditandatangani olehnya.

Faisal menilai, salah satu yang menjadi perhatiannya adalah bahwa dalam anggaran dasar dan rumah tangga Pertamina yang baru, yaitu tentang kewenangan yang dimiliki wakil dirut, ternyata lebih tinggi dibanding kewenangan dirut. Hal itu tercermin dari kewenangan wakil dirut menunjuk pimpinan utama sementara saat dirut berhalangan.

Menurut Faisal jika permasalahan ini berakar di pimpinan Kementerian BUMN itu sendiri, yakni Menteri Rini Soemarno.

“Jadi sumber masalahnya Rini Soemarno nih. Sudah berulang kali dia jadi sumber masalah bagi negara,” ujarnya.

DPR Minta Penjelasan Pencopotan Dirut Pertamina | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya