Pemerintah Alokasikan Rp 57,4 Triliun ke Papua

Share:

diposkan-transpapua

Diposkan.com – Pemerintah membuktikan fokus pada pembangunan Papua bukan hanya sekedar wacana. Dana puluhan triliun rupiah disiapkan agar ekonomi Papua bisa tumbuh dan menciptakan keadilan bagi seluruh masyarakat.

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017, alokasi dana transfer untuk Papua mencapai Rp 42,1 triliun dan Papua Barat Rp 15,4 triliun. Ini sudah termasuk di dalamnya dana bagi hasil, dana otonomi khusus, dana alokasi umum, dana alokasi khusus dan dana desa.

“Dana transfer ke Papua itu Rp 57,4 triliun,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyatakan dalam acara Diskusi Media di Cafe Kembang Kencur, Jakarta, Minggu (5/3) yang dilansir dari detik.com.

Sementara jika dibandingkan dengan tiga tahun terakhir, ada kenaikan yang cukup signifikan. Pada 2014 dana transfer untuk Papua mencapai Rp 47,3 triliun. Jonan pun menyinggung, bahwa dibandingkan setoran penerimaan negara dari PT Freeport Indonesia, maka tentu dana transfer daerah lebih besar.

Baca Juga:   DPR Dukung Pemerintah Lawan Freeport Lewat Arbitrase

Ini menandakan peran Freeport untuk pembangunan Papua tidak begitu besar. Sejatinya Jonan mengharapkan peran yang besar dari sektor swasta untuk memasukan perekonomian di Papua secara keseluruhan.

“Sementara Freeport bayarnya Rp 8 triliun setahun, ini dana pemerintah untuk membangun Papua lebih banyak lho,” imbuhnya.

Pemerintah Alokasikan Rp 57,4 Triliun ke Papua | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya