PT DI Siapkan Luncurkan Pesawat N219 Awal Mei 2017

Share:

diposkan-n219

Diposkan.com – PT Dirgantara Indonesia (Persero) tengah merampungkan pembuatan pesawat baru seri N219 yang diperuntukkan sebagai pesawat perintis. Saat ini pesawat tersebut tengah dilakukan uji sistem dan diharapkan bisa mengudara dalam waktu dua bulan lagi.

“Kita harapkan nanti bisa terbang ke mana saja. Insya Allah sebelum Mei bisa terbang,” ujar Direktur Utama Dirgantara Indonesia, Budi Santoso di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/3) yang dilansir dari Kompas.com.

Pembuatan pesawat N219 ini menurut Budi, patut dibanggakan dibandingkan pembuatan pesawat terdahulunya yakni N250. Sebab, dalam proses pengerjaannya, semua dilakukan oleh anak bangsa.

“Dulu waktu IPTN desain N250, 300-400 tenaga ahli asing yang berikan nasihat kalau kita tidak bisa putuskan. Nah di 219 itu, kita harus putuskan sendiri, di 219 tidak ada satupun tenaga asing jadi teknisi,” terangnya.

Baca Juga:   ADB Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Naik

Menurut Budi, hal yang paling diperlukan dalam pembuatan N219 ini adalah keyakinan. Keyakinan ini yang tengah ditumbuhkan PTDI dalam program N219 terutama dalam keputusan teknis dan lainnya yang tidak dimiliki selama ini.

Budi menambahkan, tidak hanya PTDI yang harus yakin dengan apa yang dibuat, tapi pihak Kementerian Perhubungan sebagai regulator yang memberikan sertifikasi juga harus yakin dengan hasilnya. Semua hal yang berkaitan dengan proyek ini harus disetujui oleh Kemenhub hingga pembuatan komponen kecil seperti baut.

PT DI Siapkan Luncurkan Pesawat N219 Awal Mei 2017 | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya