Pemerintah Akan Fokus Kurangi Kesenjangan Sosial

Share:

diposkan-kesenjangan-sosial

Diposkan.com – Pemerataan kesejahteraan bagi masyarakat menengah ke bawah‎ akan menjadi fokus pemerintah dalam dua tahun masa periode terakhir. Sehingga dengan kebijakan ini bisa membuat ketimpangan sosial masyarakat semakin sedikit.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan, dalam rencana kerja pemerintah (RKP) 2018 terdapat beberapa kunci utama yang akan didorong guna mengurangi kesenjangan kesejahteraan dan sosial, diantaranya adalah pertumbuhan investasi, pemerataan pembangunan.

Apalagi pertumbuhan ekonomi tahun mendatang akan sangat bergantung pada investasi. Sehingga pemerintah akan mengupayakan kemudahan invetsasi akan menjadi prioritas Pemerintah.

“Investasi kita berharap bisa lebih tinggi dari kebiasan. Sekarang tumbuh 5-6 persen. Saat ini kita ingin dorong mencapai 8 persen,” kata Bambang di Istana Negara, Rabu (1/2) yang dilansir melalui republika.co.id.

Menurut Bambang, dalam beberapa tahun terakhir investasi di dalam negeri memang meningkat cukup baik. Melalui sejumlah paket kebijakan ekonomi dan menghilangkan beberapa daftar negatif investasi (DNI) membuat investor berani menanamkan modalnya.

Baca Juga:   Jokowi Perintahkan Kementerian Evaluasi Kebijakan Terkait Investasi

Namun kemudahan tersebut belum maksimal karena masih ada persoalan baik di pusat maupun daerah yang mengganjal investasi. Kesulitan inilah yang akan segera diperbaiki oleh Pemerintah, sehingga investor akan lebih mudah berinvestasi di Indonesia.

Pemerintah akan memfokuskan investasi pada tiga hal yakni industri pengolahan atau manufaktur, pertanian termasuk dengan kehutanan, perikanan, dan perkebunan, serta pariwisata. Dirinya berharap investor dapat masuk hinga ke daerah-daerah, sehingga akan berdampak pada pembukaan lapangan kerja baru.

Selain itu, Pemerintah juga akan menyuntikan investasi pada ketiga sektor ini melalui anggaran penerimaan dan belanja negara (APBN) atau APBD. Terlebih anggaran pemerintah baik pusat dan daerah tiap tahun makin besar.

“‎Harusnya makin besar juga yang bisa diarahkan ke 40 persen penduduk berpendapatan terendah. Kita akan fokus di situ karena selama ini mereka masih kurang mendapatkan upaya untuk memperbaiki kehidupannya,” ujar Bambang.

Pemerintah Akan Fokus Kurangi Kesenjangan Sosial | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya