Pabrik iPhone “Foxconn” Akan Segera Pekerjakan Robot Gantikan Manusia

Share:

pabrik-iphone-diposkan

Diposkan.com – Adanya kabar mengenai penggantian pekerja pada perusahaan Foxconn dengan robot sebenarnya sudah lama beredar. Namun agaknya berita tersebut makin santer terdengar. Bagkan, Foxconn berencana membagi menjadi tiga fase dalam mengotomatisasi pabriknya yang berada di China.

Pada fase pertama, Foxconn akan menggunakan Foxbots dalam mengalihkan pekerjaan yang mempunyai sifat bahaya, monoton, dan sulit.

Sementara Fase kedua adalah bagaimana agar pekerjaan menjadi lebih efisiensi sehingga tak terlalu banyak membutuhkan robot yakni, dua pekerjaan diselesaikan dalam satu waktu.

Baca Juga:   Dukung Asian Games 2018 di Jakarta, XL Akan Segera Hadirkan 4,5G

Yang terakhir adalah fase final. Pada fase ini diharapkan peran manusia berkurang dengan signifikan seiring sistem otomatisasi pada pabriknya.

“Pekerja manusia hanya sedikit untuk membantu produksi, logistik, pengujian, dan inspeksi,” kata General Manager untuk rencana otomatisasi Foxconn, Dai Jia-peng, sebagaimana dilaporkan TheVerge dikutip dari KompasTekno, Sabtu (31/12/2016).

Sehubungan dengan rencana robotisasi pabriknya, Foxconn telah memproduksi setidaknya 10 ribu robot setiap tahun. Foxconn juga menjelaskan bahwa dalam jangka panjang robot akan dinilai lebih murah dibandingkan manusia.

Pabrik iPhone “Foxconn” Akan Segera Pekerjakan Robot Gantikan Manusia | Ari Purwanti | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya