Kemenkop dan UKM Fasilitasi Warteg Go Internasional

Share:

koperasi

Diposkan.com – Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM siap memfasilitasi pengusaha warung tegal alias warteg untuk merambah pasar Malaysia. Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan, pada Januari 2017 mendatang akan ada warteg yang dibuka di Negeri Jiran.

Langkah ini diambil lantaran melihat usaha kuliner tersebut memiliki kekuatan merek yang besar serta banyaknya WNI yang tinggal di Malaysia. Dirinya mengatakan, jika pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan pihak Koperasi Warteg DKI Jakarta untuk membahas rencana ini beberapa waktu lalu.

Hasilnya, para pengusaha warteg menyambut baik gagasan tersebut. Sehingga pemerintah siap untuk membantu menjembatani komunikasi dengan otoritas di Malaysia. Terutama untuk masalah perizinan.

”Peran pemerintah untuk pembukaan warteg ini hanya sebagai mediator. Kami akan bantu mediasi. Ternyata, Koperasi Warteg tak perlu uang. Mereka luar biasa jiwa wirausahanya. Nantinya yang membuka warteg pelaku usaha dari Koperasi Warteg. Koperasi ini sudah melihat tempatnya di Malaysia dan kita memediasi itu,” ujar Puspayoga di kantor Kemenkop dan UKM, Jakarta, Kamis (29/12) yang dilansir melalui JPNN.

Puspayogamenambahkan, dengan hadirnya warteg di negara tetangga semakin menunjukkan UMKM kuliner Indonesia dapat bersaing dengan negara lain. Langkah kerjasama awal antara Kemenkop dan UKM bersama koperasi warteg  ini diharapkan dapat mendirikan banyak warteg di Malaysia nantinya.

Baca Juga:   Revisi Permenko Koperasi Dapat Salurkan KUR

“Warteg adalah warung makan yang sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia dengan ciri khas menunya. Apalagi, WNI yang bekerja dan tinggal di Malaysia cukup banyak,” ulang mantan wakil gubernur Bali itu.

Kemenkop dan UKM Fasilitasi Warteg Go Internasional | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya