Kementerian PUPR: Program Sejuta Rumah Terjadi Peningkatan

Share:

diposkan-program-satu-juta-rumah

Diposkan.com – Selama 2016 Program Sejuta Rumah yang digalakkan pemerintah baru menembus 80 persen, tepatnya 805.169 unit rumah dari target satu juta unit. Sehingga sebanyak 195.831 unit belum terbangun, Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Syarif Burhanuddin mengatakan, pembangunan rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) mencapai angka 569.382 unit sedangkan rumah non MBR terbangun sebanyak 235.787 unit rumah.

“Setiap tahun capaian program satu juta rumah terus meningkat,” ujarnya kepada para wartawan di Ruang Rapat Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Jumat (30/12) yang dilansir melalui republika.co.id.

Sementara pada 2015, pencapaian program satu juta rumah hanya mencapai 699.770 unit. Burhanuddin mengatakan, salah satu hambatan dalam merealisasikan program ini adalah tanah dan perizinan. Sehingga pihaknya akan memberi subsidi kepada pengembang yang membangun rumah di kota berpenduduk lebih dari dua juta secara vertikal.

Baca Juga:   Ditjen Pajak Selidiki Pelanggaran Pajak Google Indonesia

Sedangkan untuk masalah perizinan yang memerlukan 33 izin dengan proses selama lebih dari 900 hari akan di pangkas. Terlebih hal ini telah diatur dalam Paket Ekonomi XIII, jika semua rumah di bawah 5 hektare diharapkan semua izin yang tadinya 33 menjadi 11, harinya yang tadi mencapai 900-an menjadi 44 hari.

Namun pelaksanaan tersebut masih harus menunggu Pertauran Pemerintah yang kini masih menunggu tanda tangan Presiden Joko Widodo. Pihaknya berharap regulasi tersebut dapat selesai pada awal 2017. Sehingga, realisasi program satu juta rumah bisa semakin meningkat.

Kementerian PUPR: Program Sejuta Rumah Terjadi Peningkatan | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya