Polisi Hadirkan Aplikasi E – Tilang Untuk Bayar Denda Tanpa Sidang

Share:

aplikasi-e-tilang-diposkan Diposkan.com – Sebuah aplikasi tilang elektronik baru saja diluncurkan oleh Polresta Bogor. Rencananya aplikasi tersebut akan disosialisasikan kepada masyarakat mulai bulan November. “Untuk penerapan dilakukan Desember awal,” kata Kanit Turjawali Polresta Bogor Kota, Ipda Fajrian Rizky dikutip dari Radar Bogor (Jawa Pos Group) kemarin.

Turjawali menjelaskan bahwa dengan adanya aplikasi Tilang tersebut pelanggar lalu lintas tidak perlu menghadiri persidangan agar dapat menyelesaikan denda tilang .

“Jadi kalau yang punya smartphone bisa lewat bangking melalui aplikasi e-Tilang. Tinggal bayar dendanya berapa dan ditransfer ke rekening yang nanti ditunjuk untuk pengumpulan denda tilang,” lanjutnya.

Setelah menyelesaikan denda tilang, pelanggar dapat mengambil surat –surat kendarannya yang ditilang dengan menunjukkan bukti transfer denda kepada petugas. Nantinya aplikasi e-Tilang ini akan terhubung ke semua Bank Nasional untuk lebih memudahkan masyarakat.

Sebagai informasi, tujuan diluncurkannya aplikasi ini adalah untuk mencegah terjadinya pungutan liar (pungli). Turjawali menjelaskan bahwa aplikasi e-Tilang ini berjalan seperti layaknya aplikasi M-Banking. Jadi pelanggar hanya perlu memasukkan nomor tilangnya kemudian membayar denda atas pelanggaran yang dilakukan.

Baca Juga:   Nvidia Luncurkan Chip GPU GTX 1080 yang Diklaim Lebih Cepat dari Titan X

“Jika sudah mengakui kesalahanya di situ tinggal diketik nomor tilangnya, maka akan muncul dendanya. Setelah muncul dendanya masyarakat bisa bayar, kalau yang punya mobile banking atau bisa langsung ke bayar ATM,” katanya.

Jika pelanggar sudah melaksanakan kewajibanya membayar denda, saat itu juga STNK dapat diterima langsung tanpa ada “titip uang” kepada polisi. Nantinya uang denda dari pelanggar semua akan masuk ke kas negara.

Kehadiran aplikasi e – tilang ini juga membantu warga yang terkena tilang ketika keluar kota. Bagaimana, lebih mudah kan? Sekarang pelanggar tak perlu lagi meninggalkan pekerjaan mereka karena harus menghadiri sidang.

Polisi Hadirkan Aplikasi E – Tilang Untuk Bayar Denda Tanpa Sidang | Ari Purwanti | 4.5 | Tag: aplikasi biat sidang tilang, aplikasi E tilang, aplikasi e-tilang, aplikasi tilang elektronik, aplikasi tilang online, e-tilang, e-tilang di bogor

Kirim Komentar

Berita Lainnya