Pertamina Jadi Holding BUMN Energi Perlu Kajian Hukum

Share:

diposkan-pertamina

Diposkan.com – Pembentukan holding sektor energi masih dalam tahap penjajakan dan evaluasi. Kebijakan Energi Sofyano Zakaria meminta jika pemerintah menunjuk sebuah BUMN sebagai holding, perlu  aturan hukum yang jelas.

“Misalnya jika Pertamina menjadi holding, membutuhkan payung hukum perusahaan itu  merupakan induk holding energi yang membawahi migas, listrik, panas bumi, dan lain-lain,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Minggu (30/10) yang dilansir dari Kontan.

Sementara itu Direktur Indonesia Resource Studies (IRESS) Marwan Batubara menyebutkan, holding energi merupakan holding raksasa atau super holding. Sebelum holding raksasa, harus diperkuat dulu holding masing-masing sektor. Dirinya mencontohkan Kementerian BUMN sudah merupakan holding besar. Namun jika setiap sektor belum ada holding, bisa menimbulkan persaingan yang kurang sehat. Contohnya Perusahaan Gas Negara dan Pertagas yang terjadi duplikasi pembangunan sarana, tapi ada juga sarana yang tidak dibangun.

Baca Juga:   PLN Sulit Penuhi Target Proyek Listrik 35.000 MW

Marwan mengakui, bisa saja PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di bawah holding energi dengan koordinator PT Pertamina, namun ia menilai hal ini tidak mendesak. Menurutnya, pemerintah seharusnya membuat kinerja PLN agar bisa mengaliri listrik seluruh Indonesia dengan tarif murah. “

Tentu memerlukan biaya, 65% biaya tersebut digunakan untuk biaya energi primer seperti solar, gas dan batubara.  Nah, pemerintah berperan mengatur harga energi ke  PLN  agar bisa lebih murah” imbuh Marwan.

Sementara anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Hari Poernomo beberapa waktu lalu mengatakan, jika Pertamina ditunjuk sebagai holding BUMN energi maka akan berdampak sangat signifikn, terlebih jika PLN ikut bergabung. Sebelumnya ada rencana, Pertamina menguasai sektor gas dengan mengelola PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai anak usaha.

Pertamina Jadi Holding BUMN Energi Perlu Kajian Hukum | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya