Bekerjasama dengan Facebook, Microsoft Bangun Jaringan Kabel Bawah Laut “Marea”

Share:

marea1

Diposkan.com – Microsoft bekerja sama dengan Perusahaan Media Sosial terpopuler, Facebook untuk meningkatkan kualitas akses internet agar memiliki kecepatan tinggi dan juga layanan cloud. Untuk merealisasikan rencana tersebut kedua perusahaan itu akan membangun jaringan kabel bawah laut yang menghubungkan antara Spanyol dan Virginia.

Mengutip dari CNBC, Minggu (29/5/2016), kabel bawah laut yang dibangun Microsoft dan Facebook bernama kabel MAREA yang artinya gelombang dalam bahasa Spanyol. Kabel ini berkapasitas tinggi yang pernah menyeberangi Atlantik, dan akan menyebabkan pertumbuhan yang lebih cepat di tingkat bandwidth internet.

Rencananya, proyek tersebut akan dimulai pada bulan Agustus dan selesai bulan Oktober 2017. Selanjutnya, Telxius yang akan mengelola dan mengoperasikannya. Sebagai informasi, Telxius merupakan perusahaan infrastruktur telekomunikasi yang dulunya dimiliki pemerintah Spanyol, yang berharap untuk menangkap peluang pasar di Eropa Barat dan di Afrika Utara sebagai bagian dari kesepakatan.

Baca Juga:   Virus Mannequin Challenge Melanda Seluruh Dunia, Mau Tau?

Microsoft dan Facebook mengklaim bahwa MAREA tersebut dapat mengirimkan data dengan sangat cepat yakni 160 terabyte data per detik. Dengan adanya hal tersebut, diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan cloud keduanya

MAREA bukanlah proyek kabel bawah laut pertama di dunia. Sebelumnya, Google juga pernah bekerja sama dengan 5 perusahaan asing untuk membangun kabel jaringan trans-Pasifik yang menghubungkan Amerika dengan Jepang.

Bekerjasama dengan Facebook, Microsoft Bangun Jaringan Kabel Bawah Laut “Marea” | Ari Purwanti | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya