Facebook Gandeng Microsoft Bangun Jaringan Kabel Internet Bawah Laut Sepanjang 6.590 Kilometer

Share:

diposkan-fb-microsoft

Diposkan.com – Facebook dan Microsoft akan melakukan kerjasama untuk membuat kabel internet di bawah laut yang melintasi Samudera Atlantik. Kabel sepanjang lebih dari 6.590 km ini akan menghubungkan Virginia Utara dengan Bilbao, Spanyol.

Kabel yang dapat menghantarkan bandwidth sebesar 160 terabits per detik ini dinamai “MAREA” yang berarti “gelombang pasang” dalam bahasa Spanyol. Menurut laporan The Verge, pembangunan kabel ini akan dimulai pada bulan Agustus tahun ini dan diperkirakan akan selesai di bulan Oktober tahun depan.

Facebook dan Microsoft juga menggandeng Telxius, sebuah perusahaan infrastruktur yang dibawahi oleh perusahaan raksasa telekomunikasi, Telefonica, untuk menyelesaikan MAREA dan memperluas jangkauan jaringan dari Eropa ke Afrika, Timur Tengah dan Asia.

“Dalam rangka untuk memberikan layanan yang lebih baik dan menawarkan konektivitas yang bisa diandalkan, kami akan terus berinvestasi dalam berbagai cara inovatif untuk meningkatkan kualitas Microsoft Cloud dan infrastruktur internet dunia secara keseluruhan,” kata Director of Global Network Acquisition, Microsoft, Frank Rey dalam sebuah pernyataan resmi seperti yandg dilansir metrotvnews.com.

Tujuan akhir dari kerjasama antara Facebook dan Microsoft ini adalah agar kedua perusahaan itu dapat menggerakkan informasi di dunia melewati jaringan data center mereka yang terus bertambah dengan kecepatan tinggi dan peralatan yang dapat diandalkan.

Baca Juga:   Awal Tahun PLN Salurkan Listrik di Kalimantan

Saat ini, Facebook dan Microsoft telah melakukan operasi komputasi cloud dalam skala yang masif. Hal ini tidak mengherankan mengingat Facebook memiliki pengguna lebih dari 1,65 miliar orang, sementara Microsoft harus menyediakan layanan untuk Azure, Bing, Xbox Live dan Office 365.

Sehingga agar kedua perusahaan ini ingin dapat memperluas jangkauan layanan mereka, maka mereka harus mulai membangun infrastruktur. Melakukan investasi untuk kabel bawah laut bukanlah sesuatu yang baru. Perusahaan-perusahaan teknologi telah menanamkan investasi yang tidak sedikit dalam infrastruktur jaringan global selama bertahun-tahun, mulai dari pembangunan data center hingga proyek bawah laut raksasa.

Perjanjian kali ini melibatkan Microsoft dan Facebook. Namun, Google sebenarnya telah berinvestasi dalam dua kabel bawah laut yang menghubungkan AS ke Jepang, Amerika Selatan dan sebagian dari Asia.

Facebook Gandeng Microsoft Bangun Jaringan Kabel Internet Bawah Laut Sepanjang 6.590 Kilometer | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya