Pabrik China, Foxconn Gantikan 60.000 Pekerjanya dengan Robot?

Share:

Untitled-2dddsss

Diposkan.com – Salah satu pabrik di China, Foxconn, menggantikan 60.000 pekerjanya dengan robot. Awalnya, pabrik tersebut memiliki total pegawai 110.000, dan kini tinggal 50.000. Karena adanya perkembangan teknologi , diperkirakan keadaan tersebut akan terus berlanjut.

Sebagai informasi, Foxconn merupakan pabrik penyuplai komponen untuk produsen perangkat electronic.Misalnya saja yang terkemal adalah Apple dan Samsung.

juru bicara Foxconn saat dikonfirmasi tentang adanya kabar tersebut menegaskan bahwa peran manusia tak akan tergantikan robot hingga kapanpun, utamanya jika menyangkut kemampuan otak.

Dia juga menambahkan bahwa tidak semua pekerjaan bisa dilakukan robot.pekerjaan yang mengandalkan robot adalah yang sifatnya monoton dan hanya mengandalkan fisik.

“Pekerja manusia kami fokuskan ke elemen yang lebih bernilai, seperti penelitian dan pengembangan, kontrol kerja, serta kontrol kualitas,” kata dia, diikutip dari KompasTekno, Kamis (26/5/2016).

Baca Juga:   Blue Bird Perbarui Aplikasi "My Blue Bird" Untuk Manjakan Pelanggan

“Kami akan terus menggenjot otomatisasi robot dan memperkuat posisi manusia di pabrik kami,” ia menambahkan.

Walaupun Foxconn mungkin saja mengelak jika keberadaan robot bisa saja mengancam eksistensi manusia. Namun, para pengamat ekonomi  mengungkapkan bahwa bisa saja fenomena yang terjadi di Foxconn akan menyebar.

Sebelumnya, ada estimasi dari White House  bahwa pekerja di AS yang mempunyai gaji 20 dollar AS (Rp 237.000-an) per jam perlu waspada. Karena, sebanyak 83 persen dari mereka harus merelakanpekerjaannya  karenadigantikan robot.

Pabrik China, Foxconn Gantikan 60.000 Pekerjanya dengan Robot? | Ari Purwanti | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya