Rakornas IKM : Dorong Hilirisasi SDA Agar Tak Seperti VOC

Share:

Industri-Kecil-dan-Menengah

Diposkan.com – Rapat Koordinasi Penyusunan Program Penumbuhan dan Pengembangan Industri Kecil dan Menegah tahun 2017 yang berlangsung di Banda Aceh, 27-30 Maret 2016, resmi dibuka oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin.

Rakornas tersebut mengusung tema membangun hilirisasi industri sumber daya alam, Direktur Jenderal IKM Kementerian Perindustrian Euis Saedah menilai hal ini perlu dibahas agar Indonesia tak lagi bertingkah seperti jaman kongsi dagang Hindia Belanda, VOC.

“Ini memang temanya hilirisasi industri SDA, supaya kita tidak seperti jaman VOC. Petik, jual. Serok, jual. Itu boleh saja, tetapi ya seharusnya masih bisa dioptimalkan dengan ada proses lanjutan,” kata Euis saat memberikan arahan kepada para peserta Rakornas, Minggu (27/3) seperti yang dilansir oleh antaranews.com.

Hilirisasi industri SDA erat kaitannya dengan penguatan IKM di seluruh Indonesia, yang harus cermat membaca peluang industri olahan lanjutan dari tiap-tiap SDA yang ada di daerahnya. Perlunya penguatan IKM menjadi hal penting untuk diseriusi pemerintah terutama sejalan dengan visi Kemenperin untuk menjadikan Indonesia sebagai negara industri tangguh pada 2025.

Baca Juga:   Pemerintah Siapkan Formula Harga Gas Murah Bagi Industri

Kemenperin melalui Dirjen IKM terus berupaya menguatkan sektor IKM dengan sejumlah strategi ofensif dan defensif diantaranya, penumbuhan wirausaha baru, pengembangan produk IKM serta peningkatan kemauan sentra dan UPT serta pemberian bantuan mesin dan peralatan produksi.

Dirjen IKM Kemenperin juga menggelar berbagai promosi dan pameran demo memperluas akses pasar, memfasilitasi pendaftaran hak kekayaan intelektual (HAKI), memfasilitasi sertifikasi mutu produk dan kemasan serta memfasilitasi pembiayaan melalui skema Kredit Usaha Rakyat.

Melalui Rakornas ini diharapkan dapat menelurkan berbagai program penguatan IKM yang berikutnya akan difokuskan di daerah, khusunya di luar Pulau Jawa.

Rakornas IKM : Dorong Hilirisasi SDA Agar Tak Seperti VOC | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya