Cara Ridwan Kamil Sukses Kembangkan UKM Kota Bandung

Share:

RK

Diposkan.com – Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mengatakan, pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Bandung, Jawa Barat, lebih tinggi daripada pertumbuhan ekonomi secara nasional.

“UKM di Kota Bandung itu 7,8 persen, sedangkan pertumbuhan ekonomi Indonesia 4,7 persen,” Ujar Ridwan di Jakarta, Minggu (28/2) seperti yang dilansir dari viva.co.id.
Ridwan menambahkan, tingginya pertumbuhan UKM di daerahnya itu karena adanya peran pemerintah yang ikut mengembangkan semua bagian dari bisnis UKM, yaitu hulu, menengah, dan hilir.
Pada sektor hulu, ada bank perkreditan rakyat (BPR) yang memberikan pinjaman kredit tanpa agunan. Yaitu kredit Melati, yang merupakan singkatan dari “melawan rentenir”. Sehingga ada enam ribu UKM yang telah menikmati fasilitas kredit sebesar Rp30 juta tanpa agunan.
Bahkan dirinya menjelaskan cara yang cukup mudah bagi pelaku UKM yang ingin mendapatkan kredit tanpa agunan ini. Hanya dengan membentuk sebuah tim sebanyak lima orang dengan mengajak orang lain yang tidak memiliki UKM.
Pada sektor menengah, pemerintah sedang membangun gedung Innovation Center dan Creative Center untuk memfasilitasi masyarakat Kota Bandung untuk mengembangkan kreativitasnya di sektor usaha.
Di Creative Center ini nantinya dilengkapi dengan workshop, bioskop, perpustakaan, dan studio. Sementara itu, di Innovation Center, ada alat-alat “berat”, seperti alat laser dan printer 3D untuk membuat model produk.
Sementara itu, di sektor hilir, pemerintah Kota Bandung pun turut memfasilitasi pemasaran produk UKM. Misalnya, pemerintah daerah ini memiliki brand “Little Bandung” untuk produk UKM yang dipasarkan di level internasional.
Bukan hanya itu, Ridwan kini sedang fokus mengembangkan UKM yang menggunakan sistem online sebagai saluran pemasarannya. Bahkan Facebook telah menjadikan Bandung sebagai percontohan kota di mana UKM-nya menjadi online. Dirinya juga memnita do’a masyarakat agar rencana tersebut dapat terealisasikan dalam waktu dua bulan ini.
Cara Ridwan Kamil Sukses Kembangkan UKM Kota Bandung | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya