Pemerintah Keluarkan Aturan Penentuan Harga Gas

Share:

diposkan-gas

Diposkan.com – Pemerintah telah merilis Peraturan Presiden (Perpres) No. 40 Tahun 2016 tentang Penetapan Harga Gas Bumi. Dalam Perpres tersebut pemerintah akan mengatur batas harga gas sehingga industri tidak bisa menetapkan harga ssecara sepihak.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja mengatakan, aturan batas harga gas akan diatur dalam bentuk Peraturan Menteri (Permen).

“Perpresnya kan sudah, terus kan mesti ada permennya terbit untuk pelaksanaannya. Perpres ini kan payung hukumnya, untuk pelaksanaannya harus ada permennya,” kata dia di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (26/5) seperti yang dilansir dari okezone.com.

Rencananya permen akan diterbitkan bulan depan. Permen ini akan berisi peraturan pemerintah yang akan mengatur batas harga gas di sektor hulu. Wirat mengatakan pihaknya akan menurunkan harga dari sektor hulu dengan mengatur regulated margin sehingga yang dapat menentukan harga bukanlah lagi badan usaha.

Baca Juga:   BI Rate Turun Mudahkan Masyarakat Bangun Rumah

Selain di hulu, pemerintah juga sedang membahas batas harga di sektor hilir. Ada indikator yang digunakan untuk menghitung batasan, kata Wirat. Misalnya panjang pipa dan kesulitan wilayah. Sehingga harga gas lebih tertata dan adil dengan aturan baru ini.

Pemerintah Keluarkan Aturan Penentuan Harga Gas | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya