Kereta Kapsul Segera Hadir di Bandung

Share:

diposkan-kereta-kapsul

Diposkan.com – Proyek Kereta Kapsul di Bandung akan segera dibangun pada tahun 2017 ini. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini pihaknya tinggal menunggu desain final dan menyelesaikan beberapa regulasi.

“Tahun ini (proyek dimulai). Lagi finalisasi,” kata Menhub usai melaporkan proyek ini ke Presiden Jokowi, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/2) yang dilansir melalui Kompas.com.

Menhub mengatakan, kereta kapsul akan dibuat oleh PT Industri Kereta Api (INKA). Sementara feeder dan jalur kereta akan digarap oleh PT Perumahan Persero yang menandakan karya anak negeri. Menhub mengatakan, untuk tahap awal akan dibangun jalur dari Stasiun Bandung ke Alun-Alun di Tegalega. Tahap awal ini akan selesai pada 2018. Tahap dua, akan dibangun jalur dari Leuwi Panjang ke Gede Bage.

Baca Juga:   Budi Kunker ke Maluku Tinjau Tol Laut dan Hari Pers Nasional 2017

Sementara tahap ketiga akan dibangun jalur dari Leuwi Panjang ke Dago. Nilai investasi saat ini mencapai Rp 1 triliun. Budi mengatakan, nantinya dalam satu jam kereta kapsul ini dapat melayani 11.000 orang penumpang. Dalam sehari, kereta kapsul bisa melayani 195.000 penumpang.

Penumpang cukup membayar Rp 5000-7000 setiap kali perjalanan. Kereta dalam kota ini akan terintegrasi sebagai pengumpan Kereta Api Komuter Padalarang Cicalengka. Selain itu, Kereta Kapsul di  Bandung, Menhub juga melaporkan perkembangan kereta Trem di Surabaya. Proyek ini juga akan dikerjakan pada akhir tahun ini.

Kereta Kapsul Segera Hadir di Bandung | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya