Menteri Budi – Aher Bahas Pembangunan Empat Bandara

Share:

diposkan-kertajati

Diposkan.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertemu dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan  (Aher) untuk membahas pengembangan empat bandara di Jawa Barat yaitu, Pangandaran, Tasikmalaya, Garut, dan Sukabumi serta progress bandara Kertajati, Majalengka.

Menhub Budi menceritakan hasil kunjungan kerjanya ke Pangandaran dan Tasikmalaya dua minggu yang lalu, menurutnya bandara Nusawiru di Pangandaran dan bandara Wiriadinata di Tasikmalaya yang bisa segera dioperasikan.

“Tapi kita juga harus pikirkan ada lapangan terbang lama di Garut dan Sukabumi yang harus dibangun,” jelasnya di Gedung Sate, Bandung, Sabtu (26/11) yang dilansir dari Bisnis.com.

Menhub Budi yakin bahwa pembangunan empat bandara tersebut akan lebih mudah dilakukan karena lahannya adalah milik Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. Ia menargetkan pada awal 2017 pemerintah akan mulai mendesain empat bandara tersebut. Dengan demikian pada pertengahan tahun sudah bisa mulai pembangunan.

“Pada pertengahan 2018 sudah selesai. Paling tidak ada lapangan terbang yang bisa didarati pesawat ATR,” ungkap Menhub Budi.

Baca Juga:   12 Golongan Tarif Listrik Akan Turun Pada Februari 2016

Selain itu, Menhub Budi menyatakan rencana penyelesaian pembangunan bandara Kertajati dijadwalkan pada akhir 2017. Sehingga di tahun 2018 Bandara Kertajati sudah bisa dioperasikan. Dia mengatakan, perlu dilakukan perpanjangan landasan pacu atau runway dari awalnya sepanjang 2500 meter menjadi 3000 meter agar bisa dilandasi oleh pesawat berbadan besar seperti Boeing 777 atau Airbus 730.

Menurut Menhub Budi, keberadaan bandara Kertajati sangat dibutuhkan warga Jawa Barat mengingat demand penumpang yang sangat tinggi. Khususnya untuk melayani penumpang yang akan melaksanakan ibadah umroh yang jumlahnya sangat besar.

Dia pun mengimbau kepada pemerintah daerah untuk mengoordinasikan pengelolaan bandara Kertajati dengan PT Angkasa Pura II (Persero). Ia menambahkan, hal ini sesuai keinginan Gubernur Aher agar bandara ini diutamakan untuk umroh yang jumlahnya banyak disini.
Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah memproses pengerjaan perpanjangan runway sepanjang 500m yang proses pembebasan lahannya telah selesai dilakukan.

Menteri Budi – Aher Bahas Pembangunan Empat Bandara | Fisika Fikri | 4.5 | Tag: bandara majalengka

Kirim Komentar

Berita Lainnya