Bank Mandiri Targetkan Skema Penyaluran KUR 2017

Share:

diposkan-bank-mandiri

Diposkan.com – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menjaga pertumbuhan kredit mikro tahun depan tak jauh beda dengan tahun ini. Direktur Retail Banking Bank Mandiri Tardi mengatakan segmen mikro pada tahun depan masih akan tumbuh dengan baik dan relatif sehat. Dirinya memprediksi, kredit mikro akan tumbuh di atas target kredit perseroan secara umum atau di kisaran 15% hingga 20%.

“Akhir tahun ini 20% secara tahunlah tumbuhnya di angka Rp50 triliun. Growth tahun depan enggak jauh beda dengan tahun ini,” katanya seusai penandatanganan kerjasama dengan PT Asuransi Kredit Indonesia di Jakarta, Jumat (25/11) yang dilansir dari bisnis.com.

Tardi menyatakan hingga kuartal III/2016, perseroan telah menyalurkan kredit mikro, termasuk kredit usaha rakyat senilai Rp46,7 triliun atau tumbuh 16,7% secara tahunan. Penyaluran KUR Bank Mandiri hingga Oktober 2016 senilai Rp11 triliun dari target Rp13 triliun. Dia pun optimistis perseroan dapat menyalurkan kredit sesuai target di akhir tahun.

Baca Juga:   Tomedy Jadi Mendakak Kaya, Tabungan Rp 250 Ribu Jadi Rp 100 Triliun

Untuk tahun depan, sektor pembiayaan produktif masih menjadi tulang punggung penyaluran kredit mikro perseroan. Saat ini porsi kredit mikro Bank Mandiri sebesar 70% ke pedagang, petani, nelayan dan lain-lain, sisanya kepada para pegawai, baik PNS, swasta, TNI, maupun polri.

Tardi menambahkan nantinya pihaknya akan mendorong 60% untuk produktif komersial, dan 40% untuk pegawai. Penyaluran kredit mikro perseroan, terutama KUR, akan didorong ke pertanian, nelayan, dan perkebunan sesuai arahan pemerintah. BMRI pun telah menyiapkan mitigasi risiko karena sektor tersebut memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan sektor lainnya, yakni dengan konsep intiplasma dan mencarioff taker.

Dengan demikian, hasil usaha debitur KUR memiliki pembeli yang jelas dan tidak putus value chain­,risiko pun bisa diminimalisir.

Bank Mandiri Targetkan Skema Penyaluran KUR 2017 | Fisika Fikri | 4.5 | Tag: kur 2017

Kirim Komentar

Berita Lainnya