Sensus Ekonomi 2016 Sudah Mencapai 75 Persen

Share:

diposkan-sensus-ekonomi

Diposkan.com – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data sensus ekonomi 2016 yang masih berjalan ini. Hingga saat ini masih banyak perusahaan dan rumah tangga yang belum mengikuti survei sensus ekonomi 2016. Padahal, programnya tersebut sudah dilakukan sejak awal Mei 2016.

Kepala BPS Suryamin mengatakan, hingga saat ini proses sensus penduduk sudah mencapai 75 persen data yang sudah dikumpulkan oleh tim sensus ekonomi.

“Sudah kami kunjungi tapi masih waktunya belum tepat, belum cocok, agar semua usaha, perusahaan di Indonesia, di luar sektor pertanian akan kita rekam, kita record keseluruhannya. Sehingga kita akan dapat potret potensi ekonomi di wilayah Indonesia seperti apa,” kata Suryamin di Kompleks Istana, Jakarta, Rabu (25/5) seperti yang dilansir dari okezone.com.

Suryamin mengaku, sisa waktu sensus ekonomi tinggal menyisakan lima hari. Tim sensus ekonomi menyisir seluruh sektor kegiatan usaha dari pertambangan baik migas maupun nonmigas, pergalian, batu krikil hingga pasir. Industri manufaktur, makanan, minuman, sampai hi-tech, kemudian konstruksi, perdagangan dalam dan luar negeri, kemudian perhotelan.

Baca Juga:   Pemerintah Segera Umumkan Kenaikan Cukai Rokok

Dari skala mikro, sambung Suryamin, seperti masyarakat penjual pulsa di rumah tangga, pedagang kelontong, pedagang keliling, pedagang kaki lima.

Sensus ekonomi yang dilakukan tiap 10 tahun ini yang terakhir dilaksanakan tahun 2006, menghasilkan data 22,6 juta usaha, di luar sektor pertanian. Dari sektor pertanian sendiri telah meningkat di tahun 2013, hingga mencapai 26 juta usaha pertanian.

Suryamin menyebutkan, hasil data sensus ekonomi akan memberikan peta kekuatan ekonomi nasional, selain itu juga akan menjadi bahan pemerintah untuk mengatasi pengangguran serta strategi menghadapi MEA.

Dia menjamin, data sensus ekonomi 2016 hasilnya akurat lantaran para tim sensus merupakan rekrutan terbaik pemerintah. Kendati demikian, Presiden Jokowi ingin BPS menuntaskan sensus ekonomi 2016.

Sensus Ekonomi 2016 Sudah Mencapai 75 Persen | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya