Menko Rizal Ajak Belanda Garap Industri Maritim

Share:

indonesia-belanda

Diposkan.com – Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli mengadakan Rapat Bilateral dengan Menteri Luar Negeri Belanda, H.E Bert Koenders. Rapat yang berlangsung pada Kamis (24/3) di Jakarta.

Dalam rapat tersebut membahas kerja sama di bidang maritim sesuai dengan lingkup kerja kementerian yang dipimpinnya. Beberapa poin kerjasama yang dibahas diantaranya, kedua belah pihak sepakat untuk perkuat hubungan maritim, terutama di dalam ship building, navigasi, infrastruktur pelabuhan dan juga perikanan.

“Ada momentum yang besar sekali sebagai hasil dari perang ilegal fishing yang dilakukan bu Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan) yang membuat negara-negara tetangga kita yang tadinya punya industri perikanan, sekarang banyak yang kesulitan bahan baku. Sebab, selama ini bahan bakunya kan hasil ngambil di Indonesia,” kata Rizal seperti yang dilansir dari inilah.com.

Sehingga permasalahan yang sedang dihadapi negara-negara tetangga dapat menjadi momentum yang tepat untuk membangun indutri perikanan. Sehingga Rizal menambahkan, saat ini pemerintah sedang membuka kesempatan bagi investor dalam maupun luar negeri yang ingin membangun industri cold storage, industri perikanan dan processing. Hal ini dilakukan agar  kekayaan alam yang dimiliki tidak hanya disedot dan diambil sebagai sumber devisa namun juga memberi dampak yang baik bagi lingkungan.

Baca Juga:   RUPS XL: Jual Tower dan Cetak 265 Juta Lembar Saham untuk Bayar Hutang

Eropa menjadi pilihan untuk dilirik karena termasuk salah satu kekuatan yang dimiliki adalah di bidang politeknik. “Belanda tertarik untuk mengembangkan kekuatannya itu di bidang maritim, ship building dan bidang pelabuhan,” ujar Rizal

Menko Rizal Ajak Belanda Garap Industri Maritim | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya