Oxfam Rilis Data Ketimpangan Sosial di Indonesia

Share:

diposkan-kesenjangan-sosial

Diposkan.com – Oxfam dan International NGO Forum on Indonesia Development (Infid) menyebut, Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki ketimpangan terburuk keenam di dunia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan kekayaan empat orang terkaya di Indonesia setara dengan kekayaan 100 juta orang miskin di Indonesia.

Hal itu yang menjadikan Indonesia sebagai negara dengan peringkat keenam terburuk di dunia. Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, data yang dirilis Oxfam terkait ketimpangan orang miskin dengan orang kaya tersebut perlu dilakukan perhitungan yang lebih cermat dan akurat.

“Oxfam, datanya kok gawat juga. Ketimpangan memang memburuk, kalau dikatakan empat orang dibandingkan 100 juta orang itu 40 persen, artinya, masa 1 persen orang kaya memiliki harta sekitar 40 persen orang miskin di seluruh Indonesia, bertentangan dengan angka yang mereka berikan sendiri,” ujar Darmin di Jakarta, Jumat (24/2) yang dilansir dari Kompas.com.

Sebelumnya, Juru Bicara Oxfam, Dini Widiastuti mengatakan, pertumbuhan ekonomi yang tinggi belum diimbangi dengan pembagian pendapatan yang merata. Sehingga, ketimpangan yang tampak di Indonesia menjadi sangat terlihat.

Baca Juga:   DPR Khawatirkan Dampak Bebas Visa Kunjungan

Tercatat juga, ketimpangan antara orang-orang yang tergolong kaya raya dan orang-orang miskin semakin terlihat signifikan selama 20 tahun terakhir. Ia mengatakan, kesenjangan penduduk kaya di Indonesia dengan penduduk lainnya begitu cepat di Asia Tenggara..

Dini menambahkan, kesenjangan antara kekayaan orang super kaya dan kelompok lainnya dapat menjadi ancaman. Sebab, jika ketimpangan tidak segera diatasi maka upaya pemerintah menurunkan kemiskinan akan mengalami hambatan.

Sehingga pemerintah perlu memperbaharui kebijakan pajak sesuai dengan potensi ekonomi dan prinsip pembagian utang serta manfaat yang adil, kemudian pemerintah memulihkan dan memberikan penekanan yang lebih atas pembangunan sumber daya manusia dan ketenagakerjaan.

Sekadar informasi, Oxfam adalah organisasi nirlaba dari Inggris yang berfokus pada pembangunan penanggulangan bencana dan advokasi, bekerja sama dengan mitra lainnya untuk mengurangi penderitaan di seluruh dunia. Organisasi ini terdiri dari 15 organisasi dari 98 negara di dunia. Didirikan pada tahun 1942 di Oxford, Oxfam berdedikasi untuk memerangi kemiskinan dan ketidakadilan di seluruh dunia.

Oxfam Rilis Data Ketimpangan Sosial di Indonesia | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya