Sejumlah Sekolah di Kabupaten Banyumas Enggan Gunakan Sistem UNBK

Share:

UNBK - diposkan

Diposkan.com – Menghadapi Ujian Nasional tahun 2017 yang akan datang, sejumlah sekolah telah mempersiapkan diri , termasuk sekolah- sekolah yang ada di Kabupaten Banyumas. Namun, tak semua sekolah yang ada di kabupaten tersebut merasa siap jika Ujian dilaksakan menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Termasuk sekolah swasta yang ada di pinggiran kota.

“Kalau ujian nasional dengan model itu diterapkan, maka sekolah swasta yang berada di pinggiran yang akan keberatan. Pasalnya sebagian besar sekolah swasta di wilayah itu belum memiliki kesiapan sarana dan prasarana,” kata Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Banyumas, Ahmad Rozikin dikutip dari suaramerdeka.com.

Adanya kendala sarana dan prasarana menjadi penyebab utama ketidak siapan pihak sekolah untuk menyelenggarakan UNBK. Terlebih lagi bagi sekolah dengan jumlah siswa yang sedikit.

Baca Juga:   Walau Mahal, Samsung Galaxy Note 7 Sangat Diminati Masyarakat Kor-Sel

Faktor lain yang menghambat adanya ujian sistem komputerisasi ini adalah siswa sekolah swasta yang ada di pinggiran kota dan tak sedikit yang berasal dari keluarga sederhana dan tidak mampu.

“Kalau sekolah swasta di pinggiran akan minta bantuan kepada orang tua peserta didik, kemungkinannya sangat kecil, sebab sebagian dari mereka tingkat ekonominya pas-pasan, bahkan ada yang kurang mampu, kecuali kalau pemerintah mengalokasikan bantuan,” jelas dia.

Faktor dari sumber daya manusia juga menjadi salah satu bahan pertimbangan penyelenggaraan UNBK ini. pasalnya, walaupun sekarang teknologi sudah menyebar luas, tidak menutup kemungkinan masih banyak siswa yang kurang paham mengenai hal tersebut.

Sejumlah Sekolah di Kabupaten Banyumas Enggan Gunakan Sistem UNBK | Ari Purwanti | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya