Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diprediksi Capai 5,3%

Share:

infrastruktur

Diposkan.com – Fundamental ekonomi Indonesia yang masih terjaga membuat pelaku bisnis lebih optimis. Berbeda dengan proyeksi pemerintah, Ekonom Senior Standard Chartered Bank Indonesia Aldian Taloputra memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini mencapai 5,3%.

Target ini berbeda dengan yang ditargetkan pemerintah jika pertumbuhan ekonomi pada tahun 2017 berkisar 5,1%. Menurut Aldian, pertumbuhan ekonomi dapat tercapai karena beberapa hal. Pertama, dengan meningkatnya harga-harga komoditas di pasar sehingga mendorong sektor lainya bertumbuh.

“Alhasil, dapat meningkatkan daya beli masyarakat terutama di daerah yang menghasilkan komoditas itu sendiri dan belanja pemerintah akan lebih positif karena penerimaan atas komoditas akan meningkat,” tutur Aldian dalam konferensi pers Global Research Briefing Standard Chartered Bank 2017 di Jakarta, Senin (23/1) yang dilansir dari beritasatu.com.

Pada kesempatan yang sama Head Economic Research ASEAN Standard Chartered Bank Edward Lee menegaskan bahwa komoditas diproyeksikan akan lebih positif terutama minyak mentah. Pada pertemuan anggota OPEC dengan produsen minyak lain menegaskan akan memotong produksi sebesar 1,2 juta barel per hari.

Baca Juga:   Inflasi Diprediksi Hanya 3,2 Persen Lebih Rendah dari Tahun Lalu

Selain itu, di tahun 2017 Outlook oil price akan lebih positif  dengan harga di kisaran US$56 per barel. Terlebih belanja infrastruktur masih berlangsung selama 2017 dianggarkan hingga  22% dibandingkan tahun sebelunnya. Namun dari sektor investasi tahun ini dinilai masih akan terbatas.

“Kalau kita lihat dari sisi permintaan eksternal masih tidak banyak berubah karena masih banyak tantangannya jadi investasi akan lebih banyak terjadi pada sektor yang menghasilkan barang untuk domestik, jadi orientasinya ke dalam bukan ke luar,” terangnya.

Sementara itu, inflasi diproyeksikan bakal di kisaran 4,3% pada tahun 2017 berbeda dengan proyeksi pemerintah yaitu 4%. Inflasi diperkirakan akan meningkat 4,3% didominasi oleh harga yang diatur oleh pemerintah (administered prices) tapi di sisi lain inflasi inti dan inflasi makanan akan relatif lebih stabil.

Dengan adanya permintaan domestik yang moderat inflasi inti dinilai akan terjaga dan inflasi makanan masih bisa dikendalikan oleh kebijakan pemerintah.

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diprediksi Capai 5,3% | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya