Pemerintah Segera Impor Sapi dari Meksiko

Share:

diposkan-sapi-impor

Diposkan.com – Pemerintah Indonesia berencana akan segera mendatangkan atau mengimpor sapi asal Meksiko masih dalam proses negosiasi, kata Staf Ahli Bidang Inovasi dan Teknologi dari Kementerian Pertanian (Kementan), Syukur Iwantoro di Mangupura, Rabu (23/11).

“Untuk realisasi impor sapi Meksiko ini masih dilakukan negosiasi oleh pihak swasta dengan pemerintah setempat,” ujar Syukur Iwantoro saat diwawancarai usai menghadiri acara panen sapi pedet di Desa Sobangan, Badung.

Terkait rencana izin impor sapi mencapai 400 ribu ekor itu, diakuinya memang diberikan kewenangan sepenuhnya kepada pihak swasta dan masih dalam pembicaraan dengan kawan-kawan di Meksiko. Menurut Iwatno, dipilihnya sapi asal Meksiko dikarenakan betul-betul aman dari penyakit mulut dan kuku.

Pemerintah juga sudah berkerja sama dengan Australia dalam mengimpor daging sapi sebagai alternatif untuk menekan lonjakan harga daging sapi di sejumlah daerah di indonesia. Kebijakan ini diharapkan dapat menekan kenaikan harga daging sapi potong itu.

Baca Juga:   Garuda Indonesia Pertahankan Gelar "5-Star Airline"

“Harga daging sapi saat ini disejumlah daerah di Indonesia harganya bervariasi mulai kisaran Harga di atas Rp100 ribu hingga Rp85 ribu, sehingga kami mempersilahkan masyarakat memilih harga yang cocok sesuai dengan reverensinya,” katanyan yang dilansir dari bisnis.com.

Ia mencontohkan, untuk harga daging sapi yang nantinya dibeli hotel-hotel yang ada di Bali sesuai yang dikatakan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa harus memiliki mutu atau kualitas yang bagus, sehingga harganya pasti akan premium.

Adanya program upaya khusus sapi induk wajib bunting (Upsus Siwab) Tahun 2017, pihaknya optimistis Indonesia tidak akan mengimpor sapi lagi. Dirinya menambahkan, untuk distribusi sapi impor ini diakuinya masih di kawasan Jabotabek.

“Untuk impor sapi hidup saat ini ke Indonesia mencapai 700 ribu ekor dan kebutuhan daging sapi sekitar 250 ton, dimana rata-rata asal sapi impor ini paling banyak dari Australia,” katanya.

Pemerintah Segera Impor Sapi dari Meksiko | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya