FITRA : Rp 596,5 Triliun Dividen BUMN Tak Masuk Kas Negara

Share:

kantor-kementerian-bumn1

Diposkan.com – Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA) merilis data, sepanjang 2011-2015, banyak BUMN banyak yang tidak menyetorkan dividen ke negara.

Sekjen FITRA, Yenny Sucipto mengatakan, banyak BUMN yang tidak setorkan dividen yang menjadi hak negara dalam lima tahun belakangan ini. Jumlah dividen yang belum dibararkan BUMN mencapai Rp 596,5 triliun. Jumlah ini setara dengan 30% jumlah APBN 2015.

Rendahnya setoran dividen BUMN ini tak lepas dari keputusan para pemegang saham. Di mana, sebagian besar dividen BUMN itu dimasukkan ke dalam laba tertahan. “Per 31 Desember 2013, laba ditahan mencapai Rp 509,8 triliun. Angka yang sangat besar jika disetor ke negara,” papar Yenny pada Selasa (22/3) di jakarta seperti yang dilansir dari inilah.com

Yenny berharap Presiden Jokowi perlu mendesak Menteri BUMN Rini Soemarno untuk segara menyelesaikan sengkarut ini. Dirinya mencontohkan  Garuda yang sudah 3 tahun tidak bayar dividen dengan alasan rugi. Sementara Fitra menilai Garuda selama 3 tahun mengalami keuntungan. Hal ini dikhawatirkan dijadikan sebagai cara untuk mengajukan PMN (Penyertaan Modal Negara).

FITRA : Rp 596,5 Triliun Dividen BUMN Tak Masuk Kas Negara | Fisika Fikri | 4.5

Kirim Komentar

Berita Lainnya